moneter
moneter
moneter
moneter
moneter
moneter
moneter
moneter
moneter
moneter
moneter
moneter
moneter
Ramai-ramai Gadai Perhiasan Sebelum Ramadan
Follow detikFinance
Selasa 06 Jun 2017, 13:48 WIB

Ramai-ramai Gadai Perhiasan Sebelum Ramadan

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Ramai-ramai Gadai Perhiasan Sebelum Ramadan Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Di bulan Ramadan transaksi gadai di PT Pegadaian (Persero) turun dan ini kerap terjadi setiap tahun di bulan puasa. Pasalnya, masyarakat sudah melakukan gadai sebelum Ramadan.

Menurut Manajer Komunikasi Perusahaan PT Pegadaian, Basuki Tri Andayani, mengatakan transaksi di pegadaian justru meningkat sebelum Ramadan. Tercatat, pada Maret 2017 penyaluran pinjaman di PT Pegadaian sebesar Rp 10,53 triliun.

Jumlah tersebut naik dari penyaluran pinjaman pada Januari 2017 sebesar Rp 9,8 triliun dan Februari 2017 sebesar Rp 9,5 triliun. Sedangkan pada Mei 2017 transaksi kembali menurun di angka Rp 9,61 triliun.

Mayoritas barang yang digadai adalah perhiasan, mulai dari emas, cincin, gelang, kalung, hingga berlian.

"Biasanya perhiasan seperti itu yang paling banyak. Kalau kendaraan seperti sepeda motor juga memang ada beberapa tapi tetap yang banyak digadai perhiasan," ujar Basuki kepada detikFinance, Selasa (6/6/2017).

Basuki menambahkan, penurunan transaksi akan terjadi selama kurang lebih satu bulan, hingga memasuki Hari Raya Idul Fitri. Transaksi gadai kembali meningkat setelah Lebaran. Situasi seperti ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya .

"Setiap tahun memang begitu trennya. Saat puasa mengalami penurunan, terus mulai naik lagi setelah lebaran. Dulu di 2016 juga begitu. Sebelum puasa tahun lalu, di bulan Juni 2016 transaksinya Rp 10,9 triliun. Kemudian masuk puasa bulan Juli Rp 8,86 triliun. Lalu naik lagi setelah lebaran di Agustus," terang Basuki. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed