Pesan LPS untuk Pimpinan OJK yang Baru

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 08 Jun 2017 21:12 WIB
Pimpinan Baru OJK (Foto: Andhika Akbarayansyah)
Jakarta - Wimboh Santoso telah sah menjadi Ketua Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk periode 2017-2022. Wimboh unggul dari Sigit Pramono dalam proses voting alias penghitungan suara di DPR.

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah berharap, para pimpinan DK OJK yang baru memiliki pengalaman dan kemampuan yang tinggi. Namun menurutnya yang terpenting DK OJK yang baru bisa menjalin kerjasama yang baik antar otoritas jasa keuangan.

"Karena kita secara bersama kan tergabung dalam komite stabilitas sistem keuangan, nah ini memerlukan kerjasama dan koordinasi yang baik. Baik dalam situasi yang normal apa lagi dalam kondisi stres ataupun krisis," tuturnya di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Halim juga berharap formasi DK OJK yang baru bisa lebih baik dibanding formasi di periode yang sebelumnya. Meskipun begitu menurutnya kinerja DK OJK yang lama sudah cukup mumpuni.

Menurutnya yang terpenting bagi LPS, DK OJK yang baru bisa lebih sigap dalam menanggulangi permasalahan di sektor keuangan. DK OJK juga harus lebih siap dalam mengantisipasi potensi terjadinya krisis keuangan.

"Bagi LPS kerjasama dalam penanganan krisis itu sangat penting, karena pada dasarnya semua permasalahan sektor keuangan ada di tangan LPS. Jadi ini kerja sama tidak saja memberikan informasi, tapi bagaimana menjaga sistem keuangan secara antisipatif lebih awal dilakukan itu akan jadi lebih krusial dalam menjaga sistem keuangan kita," tandasnya. (dna/dna)