Follow detikFinance
Senin 12 Jun 2017, 14:50 WIB

Tarik Tunai Jumlah Besar, Jangan Lupa Minta Pengamanan Bank

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Tarik Tunai Jumlah Besar, Jangan Lupa Minta Pengamanan Bank Ilustrasi Tarik Tunai (Foto: Muhammad Idris)
Jakarta - Direktur Consumer Banking Bank BTN, Handayani menyarankan para nasabah yang ingin menarik tunai dalam jumlah besar untuk menghubungi pihak bank terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk memberikan pengamanan terkait pengangkutan uang tunai dalam jumlah besar tersebut ke tempat tujuan sampai dengan selamat.

Hal tersebut guna mengantisipasi terjadinya kejadian perampokan seperti yang terjadi pada Davidson Tantono, di Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat lalu (9/6). Kejadian perampokan bahkan berujung dengan tewasnya korban setelah tembakan di kepala setelah mengambil uang sebesar Rp 350 juta tunai dari bank.

"Sebenarnya kan kalau tarik tunai di atas Rp 100 juta, harus ada laporan yang detail. Itu persyaratan. Dan kita mensarankan, seharusnya nasabah memberikan notifikasi sebelumnya, paling enggak dua hari sebelumnya, kalau ingin melakukan pengambilan jumlah cukup besar. Agar bank bisa menyiapkan uangnya dan bantuan pengamanan," katanya saat ditemui di Menara Bank BTN, Jakarta, Senin (12/6/2017).

Menurutnya, Bank bisa menyiapkan bantuan pengawalan secara cuma-cuma jika ingin menarik tunai dalam jumlah besar di atas Rp 100 juta. Bahkan, pihak kepolisian juga sebenarnya bisa memberikan fasilitas pengawalan jika diperlukan.

Namun demikian, ia menyarankan nasabah untuk lebih menggunakan transaksi non tunai jika memang perlu untuk keperluan membayar sesuatu. Selain dari segi keamanan, transaksi non tunai juga meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pembayaran.

"Sebenarnya, kalau kita lihat, kalau bisa transfer kenapa sih harus ambil tunai. Kita coba masuk ke cashless, seharusnya semua bisa transfer. Sarannya, sebaiknya menggunakan cashless daripada tarik tunai," pungkasnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed