Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 15 Jun 2017 08:17 WIB

Buat yang Mudik, Asuransi Perjalanan Penting

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Sebentar lagi Ibu Kota DKI Jakarta akan ditinggalkan sebagian besar penduduknya. Mereka akan menjalankan tradisi mudik untuk merayakan hari raya Lebaran di kampung halamannya masing-masing.

Namun terbatasnya ketersediaan angkutan umum untuk mudik membuat membeludaknya pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor. Meningkatnya volume kendaraan juga memicu terjadinya kecelakaan di jalur-jalur mudik.

Ketua Bidang Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Christine Setyabudhi, mengatakan kondisi tersebut membuat pentingnya asuransi bagi para pemudik.

Sebab hampir setiap tahun terjadi kecelakaan kendaraan di jalur mudik. "Setidaknya dengan adanya asuransi bisa memberikan rasa nyaman," tuturnya di Rumah AAJI, Jakarta, Rabu (14/6/2017).

Chrsitine mengatakan, produk-produk asuransi saat ini sudah sangat berkembang mengikuti kondisi kekinian. Melihat kebutuhan pelindungan jiwa saat musim-musim liburan seperti Lebaran, industri asuransi jiwa telah banyak mengeluarkan produk asuransi perjalanan dengan jangka waktu perlindungan yang pendek.

"Sekarang banyak kok asuransi perjalanan yang hanya belasan ribu atau Rp 25 ribu. Itu biasanya asuransi kecelakan yang melindungi 1 bulan," imbuhnya.

Menurut Christine jenis asuransi tersebut sangat cocok bagi pemudik yang menggunakan motor ataupun mobil. Sebab mereka tidak harus membayar premi mahal dan jangka waktunya sesuai dengan waktu perjalanan mudik.

"Ya Rp 25.000 apa sih, uang segitu juga biasa digunakan hanya untuk minum," tukasnya. (ang/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com