Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 21 Jun 2017 16:55 WIB

Imam Hingga Pengurus Masjid Istiqlal Kini Bisa Cicil Rumah DP 1%

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Eduardo Simorangkir Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) Subsidi dengan skema syariah (iB) bagi para imam, mu'adzin, dan pengurus Masjid Istiqlal dengan uang muka ringan dan cicilan Rp 775 ribu/bulan.

Program KPR bersubsidi ini diberikan melalui Unit Usaha Syariah (UUS) bank BTN dengan uang muka 1% dan margin cicilan sebesar 5% selama 20 tahun. Dengan skema tersebut, para imam, mua'adzin, dan karyawan Masjid Istiqlal hanya perlu mengangsur sekitar Rp 775 ribu/bulan untuk dapat memiliki rumah.

"Mudah-mudahan proyek ini akan menjadi model untuk diterapkan di seluruh Indonesia dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Peduli Umat. Model ini juga bisa diterapkan lintas umat beragama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan antar umat, sehingga tujuan untuk mempertahankan NKRI dari dukungan lintas umat bersatu akan mudah tercapai," kata Direktur Utama Bank BTN Maryono dalam acara MoU di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (21/6/2017).

Imam Hingga Pengurus Masjid Istiqlal Kini Bisa Cicil Rumah DP 1%Imam Hingga Pengurus Masjid Istiqlal Kini Bisa Cicil Rumah DP 1% Foto: Eduardo Simorangkir

Adapun, pemberian KPR BTN Subsidi iB ini ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MOU) antara Bank BTN dengan Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal tentang Penyediaan Pembiayaan Perumahan Subsidi bagi Imam, Mu'adzin, dan Karyawan Masjid Istiqlal di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta. Penandatangan tersebut juga disaksikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Lana Winayanti, dan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar.

Melalui KPR Subsidi berskema syariah tersebut para imam mu'adzin, dan karyawan Masjid lstiqlal kini bisa memiliki rumah dengan uang muka 1% dan margin cicilan sebesar 5% selama 20 tahun. Proyek ini akan menjadi pilot project dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Peduli Umat.

Imam Hingga Pengurus Masjid Istiqlal Kini Bisa Cicil Rumah DP 1%Imam Hingga Pengurus Masjid Istiqlal Kini Bisa Cicil Rumah DP 1% Foto: Eduardo Simorangkir

Adapun lokasi perumahan yang disiapkan untuk program tersebut yakni Perumahan Panorama Kemang yang terletak di Parung, Bogor. Perumahan yang dibangun oleh PT Multi Griya Propertindo itu didirikan di atas lahan seluas + 135 hektar (ha). Dalam proyek ini, secara total akan dibangun 1.400 unit rumah yang dijual seharga Rp 141 juta per unit. Hingga kini, tercatat telah dibangun 362 unit rumah dan 330 di antaranya telah terjual.

Untuk tahap pertama, Bank BTN akan merealisasikan KPR bagi 20 orang yang terdiri atas 10 orang Imam dan 10 Mu'adzin. Kemudian, untuk tahap kedua, UUS Bank BTN akan merealisasikan pemberian KPR BTN Subsidi iB untuk sekitar 80 karyawan Masjid Istiqlal.

Imam Hingga Pengurus Masjid Istiqlal Kini Bisa Cicil Rumah DP 1%Imam Hingga Pengurus Masjid Istiqlal Kini Bisa Cicil Rumah DP 1% Foto: Eduardo Simorangkir
(mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed