Follow detikFinance
Kamis 06 Jul 2017, 09:41 WIB

Oktober Bayar Tol Tak Lagi Tunai, Bank Sudah Siap-siap

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Oktober Bayar Tol Tak Lagi Tunai, Bank Sudah Siap-siap Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Oktober mendatang pembayaran di jalan tol wajib menggunakan uang elektronik. Sejumlah bank mengaku sedang mempersiapkan diri untuk penerapan elektronifikasi jalan tol tersebut.

Direktur Bisnis Konsumer PT Bank Negara Indonesia Tbk, Anggoro Eko Cahyo mengatakan perseroan saat ini sedang gencar mempersiapkan sarana isi ulang dan aktif menjual kartu uang elektronik TapCash di area pintu tol.

"Kami juga tawarkan di cabang, tapi pintu tol yang paling efektif karena ketika pengguna butuh bisa langsung beli," kata Anggoro saat dihubungi, Kamis (6/7/2017).

Dia menjelaskan, saat ini masyarakat makin meminati uang elektronik karena sudah merasakan manfaatnya. Yakni lebih mudah dalam bertransaksi dan bisa lebih cepat karena tanpa antrian yang terlalu panjang.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja mengatakan saat ini persiapan untuk pembayaran non tunai sudah matang dari sisi perseroan.

"Tapi memang harus ada penyelarasan sistem IT dengan perusahaan interchange dan dengan bank-bank milik pemerintah itu," kata Jahja saat dihubungi detikFinance.

Menurut di hal ini dilakukan agar mesin-mesin bisa membaca semua kartu termasuk Flazz.

Dia menambahkan, transaksi Flazz BCA di tol saat mudik kemarin memang belum terlalu besar. Hal ini karena hanya sejumlah ruas tol yang bisa menggunakan Flazz.

"Masih terbatas pada ruas Cikampek ke arah Palimanan dan Padaleunyi," imbuh dia.

Bank Indonesia (BI) mengungkapkan masih diperlukan edukasi dan informasi yang intensif ke pengguna jalan tol.

Karena itu, BI akan gencar melakukan sosialisasi dan kampanye terkait elektronifikasi pembayaran jalan tol ini. BI mengaku optimis pasalnya uji coba yang dilakukan selama musim mudik lebaran sudah berjalan baik dan pembayaran tol secara non tunai naik signifikan. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed