Follow detikFinance
Senin 10 Jul 2017, 10:57 WIB

BI: Pembayaran Tol Non Tunai Naik 34% Selama Lebaran

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
BI: Pembayaran Tol Non Tunai Naik 34% Selama Lebaran Foto: Tim Infografis, Fuad Hasim
Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyebutkan uji coba elektronifikasi pembayaran di jalan tol mencatatkan peningkatan 34% pada periode Lebaran.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Eni V Panggabean mengatakan, peningkatan tersebut terjadi khusus di tol Pulau Jawa.

"Memang gerakan nasional non tunai (GNNT) ini gaungnya tidak pernah berhenti, makanya kami dukung pembayaran tol non tunai," kata Eni saat dihubungi, Senin (10/7/2017).

Eni mengatakan, BI optimis jika penerapan pembayaran non tunai bisa dilaksanakan pada Oktober mendatang.

Senior Executive Vice President Digital Banking PT Bank Mandiri Tbk, Rahmat B Triaji mengatakan selama periode Lebaran terjadi peningkatan transaksi e-toll sebesar 33%.

"Peningkatan penetrasi transaksi e-toll berasal dari kenaikan penetrasi transaksi tol di luar kota yang menjadi jalur mudik di mana meningkat dari 19% menjadi 24% sementara di tol dalam kota meningkat dari 34% menjadi 35%," kata Rahmat saat dihubungi.

Dia menambahkan, peningkatan ini akibat adanya komunikasi yang dilakukan secara masif, adanya penjualan kartu e-toll di beberapa ruas utama serta adanya diskon dari BUJT sebesar 20%.

Rahmat menjelaskan, Mandiri e-Money menyumbang 92% terhadap transaksi e-Toll dari seluruh uang elektronik yang digunakan selama periode Lebaran tersebut.

"Kontribusi transkasi mandiri e-money ini selain dari pengguna setia yang sudah memiliki kartu juga tidak lepas dr penjualan yg cukup tinggi selama 2 minggu perioda Lebaran yaitu sebanyak 85 ribu kartu," ujar dia.

Direktur Bisnis Konsumer PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Anggoro Eko Cahyo mengatakan selama Lebaran penjualan TapCash mengalami peningkatan hingga 5 kali lipat.

"Rata-rata hariannya naik 5 kali lipat, lebih tinggi dari hari normal dan memang lancar selama uji coba tidak ada masalah," kata Anggoro.

Anggoro mengatakan, selama periode Lebaran TapCash baru bisa terjual hingga 30.000 keping. "Ini baik ya, karena orang merasa kalau punya uang elektronik bisa lebih mudah dalam membayar," kata dia.

Dia menjelaskan, dari data Jasa Marga penggunaan uang elektronik untuk pembayaran jalan tol masih di kisaran 23% - 27%.

"Ini artinya bank masih punya ruang 70% apalagi Oktober sudah harus pakai uang elektronik semua, ini momen tepat untuk memaksa orang pakai uang elektronik," katanya. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed