Follow detikFinance
Senin 10 Jul 2017, 19:11 WIB

Dana Asing Masuk ke RI Capai Rp 117 Triliun

Hendra Kusuma - detikFinance
Dana Asing Masuk ke RI Capai Rp 117 Triliun Foto: Ari Saputra
Jakarta - Dana asing yang masuk ke dalam negeri (capital inflow) hingga 6 Juli 2017 (year to date) tercatat mencapai Rp 117 triliun. Realisasi tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan posisi tahun 2019 yang sebesar Rp 126 triliun.

"Tahun kemarin sepanjang tahun Rp 126 triliun, Sekarang Rp 117 triliun," ungkap Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo di Gedung DPR, Jakarta, Senin (10/7/2017).

Agus mengakui pada awal bulan, arus dana tersebut sempat mengalir keluar dari Indonesia. Pada Surat Berharga Negara (SBN) yang dijual sekitar Rp 9 triliun dan dari pasar modal keluar Rp 2 triliun.

"Kita juga melihat ada sedikit capital outflow di Minggu pertama bulan Juli," jelasnya.

Hal tersebut terjadi karena faktor eksternal. Agus menyebutkan persoalannya masih hampir serupa, yaitu soal rencana kenaikan suku bunga acuan AS hingga kondisi geopolitik yang tidak baik pada beberapa negara.

Sementara dari dalam negeri, menurut Agus masih dalam situasi yang terkendali. Indonesia baru saja melewati kegiatan besar Lebaran yang biasanya memicu tingginya inflasi. Namun sekarang itu cukup berhasil diredam.

"Karena mata uang negara-negara lain juga semuanya melemah. Jadi bukan cuma Indonesia yang melemah," tandasnya. (mkj/mkj)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed