Follow detikFinance
Rabu 12 Jul 2017, 16:09 WIB

Gubernur: Ada Keinginan Jadikan Bali Pusat Keuangan Dunia

vid - detikFinance
Gubernur: Ada Keinginan Jadikan Bali Pusat Keuangan Dunia Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan Bali Center For Sustainable Finance (BCSF) di Universitas Udayana. Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengaku bangga ada pusat studi keuangan nasional di Bali.

"Bali sudah punya nama besar di dunia dan harus kita manfaatkan ini untuk Bali dan Indonesia. Kita tahu PBB menggalakan Sustainable Development Goals, oleh karena itu, kita menyambut tren global ini. Sehingga saya selaku Gubernur Bali bangga karena ada nama Bali di depannya," kata Pastika.

Pastika menyampaikan hal ini dalam acara Peluncuran BCSF di Pasca Sarjana Universitas Udayana, Jl PB Soedirman, Denpasar, Bali, Rabu (12/7/2017). Turut hadir dalam acara ini Ketua Dewan Komisioner OJK Muliana Hadad dan Rektor Universitas Udayana Prof Ketut Suastika.

"Ke depan, kita ada keinginan menjadikan Bali sebagai pusat keuangan dunia. Itu cita-cita besarnya. Kapan itu tercapai? Ini harus dalam perencanaan sistematik dan strategis supaya berhasil," pungkasnya.

Pastika menyatakan Bali yang dikenal dengan wisata budaya, alam dan spiritualnya itu akan bertambah kaya dengan masuknya BCSF. Ini karena BCSF dinilai membuka gerbang masuknya industri keuangan di Pulau Dewata selain industri pariwisata.

"Yang belum itu education, sports dan finance. Banyak bidang yang sebetulnya bisa kita garap. Semua kesempatan harus bisa dimanfaatkan, apalagi tahun depan ada pertemuan World Bank-IMF di Bali," ujar Pastika.

Mantan Kapolda Bali ini menambahkan sustainable development programs bukan hal baru untuk Bali. Sehingga penerapan keberlanjutan di segala sektor di Bali akan lebih mudah diterima seperti sustainable tourism developments.

"Kita bangga juga, sustainable ini saya kira di Bali gampang sekali seperti sustainable tourism developments yang sudah ada. Habis peluncuran dan seminar, Unud (Universitas Udayana) ini kesempatan emas untuk berkiprah dalam hal yang berbeda," ucap Pastika. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed