Follow detikFinance
Jumat 14 Jul 2017, 14:35 WIB

Pemerintah Tarik Utang Euro, Cadangan Devisa RI Bisa Tembus Rekor

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Pemerintah Tarik Utang Euro, Cadangan Devisa RI Bisa Tembus Rekor Foto: Reuters
Jakarta - Bank Indonesia (BI) optimis jumlah cadangan devisa RI per Juli 2017 bisa di atas US$ 125 miliar atau mencapai rekor tertinggi sepanjang sejarah. Rekor terakhir sempat terjadi pada akhir Mei 2017 dengan capaian US$ 124,95 miliar.

Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, bank sentral optimis cadev bisa meningkat karena adanya penerbitan surat utang berdenominasi euro (euro bond) yang dilakukan oleh pemerintah. Dalam waktu bersamaan juga akan diterbitkan surat utang berdenominasi dolar AS (global bond).

"Dengan aksi ini diharapkan cadev yang masuk bisa lebih tinggi dari data bulan-bulan sebelumnya," kata Perry di Gedung BI, Jakarta, Jumat (14/7/2017).


Meskipun pada Juni 2017 sempat mencatatkan penurunan US$ 1,86 miliar menjadi US$ 123,09 miliar. Perry menyebutkan penurunan ini bersifat sementara dan cadev kembali meningkat usai lebaran.

Dia mengatakan penurunan terjadi karena selama lebaran bank tutup dan menarik likuiditas untuk kebutuhan masyarakat.

"Setelah lebaran sudah masuk lagi cadevnya, sekarang sudah menunjukan peningkatan, bahkan bulan ini kami prediksikan bisa lebih tinggi dari US$ 125 miliar," kata Perry.

Perry mengatakan posisi cadangan devisa pada akhir Juni 2017 tersebut masih kuat untuk membiayai 8,9 bulan impor atau 8,5 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan.

Selain itu, prospek ekspor yang baik, optimisme terhadap perekonomian domestik yang tetap positif pasca pencapaian investment grade, dan kondisi pasar keuangan global yang kondusif akan semakin mendukung penguatan cadangan devisa untuk menjaga ketahanan sektor eksternal.

Ke depan, Bank Indonesia akan terus menjaga kecukupan cadangan devisa guna mendukung terjaganya stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. (mkj/mkj)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed