Follow detikFinance
Senin 17 Jul 2017, 16:04 WIB

OJK Minta Gadai Swasta Segera Ajukan Izin

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
OJK Minta Gadai Swasta Segera Ajukan Izin Ilustrasi Foto: Muhammad Idris
Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta kepada pengusaha gadai swasta yang belum tercatat di regulator segera mendaftarkan diri. OJK memberikan waktu paling lama hingga 29 Juli 2019 untuk pendaftaran.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Firdaus Djaelani mengatakan, jika sampai waktu tersebut pergadaian belum mengajukan maka OJK akan menindak tegas perusahaan.

Dia menyebutkan hal ini dilakukan untuk melindungi masyarakat yang menggunakan jasa pergadaian swasta.

"Kami mau lindungi masyarakat, untuk menolong mereka jangan sampai dirugikan oleh pihak gadai, bisa dari tempat penyimpanan jaminan yang kurang layak dan bunga pinjaman yang tinggi sekali," kata Firdaus di Gedung OJK, Jakarta, Senin (17/7/72017).

Firdaus menambahkan, selama ini jasa gadai swasta yang belum terdaftar masih belum memiliki standar kerja yang kurang baik. Dia mencontohkan ada gadai yang menyimpan barang jaminan tidak hati-hati.

"Jadi ada masyarakat yang gadai dengan menjaminkan barang, tapi pas ditebus barangnya sudah rusak, ini yang ingin kita lindungi," imbuh dia.

OJK menegaskan adanya kewajiban untuk pelaku usaha pergadaian swasta untuk memperoleh izin usaha. Ketentuan mengenai hal tersebut telah diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 31/POJK. 05/2016 tentang Usaha Pergadaian (POJK Usaha Pergadaian).
Salah satu tujuan utama pengaturan dan pengawasan usaha pergadaian adalah untuk menciptakan industri pergadaian yang sehat, memberikan kepastian hukum bagi pelaku usaha pergadaian, dan perlindungan bagi konsumen.

"Pengaturan dan pengawasan usaha pergadaian sangat diperlukan dalam mencegah dimanfaatkannya usaha pergadaian sebagai sarana melakukan pencucian uang, pendanaan terorisme, atau kejahatan lainnya," tambah Firdaus.

Pengaturan perizinan bagi pelaku usaha pergadaian sangat penting untuk memudahkan pengawasan. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed