Follow detikFinance
Senin 17 Jul 2017, 19:08 WIB

Apa Bedanya Gadai Swasta Terdaftar OJK dan yang Belum?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Apa Bedanya Gadai Swasta Terdaftar OJK dan yang Belum? Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau kepada usaha pergadaian swasta untuk mendaftarkan diri ke regulator. Hal ini dilakukan untuk melindungi masyarakat yang menggunakan jasa ini.

OJK mengatakan, pergadaian yang telah terdaftar akan memiliki tanda khusus di tempatnya beroperasi.

"Kalau sudah berizin akan diterbitkan di website OJK nama-nama pergadaiannya, lalu juga bisa mencantumkan 'Pergadaian Ini Terdaftar di OJK'," kata Deputi Komisioner Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Edy Setiadi, di Gedung OJK, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Dia menjelaskan, nantinya pergadaian swasta ini bisa seperti bank yang menempelkan stiker 'Bank Peserta Penjaminan LPS'.

"Ini untuk menciptakan kenyamanan di masyarakat yang menggunakan, jadi mereka bisa memilih mana yang aman dan tidak," ujar dia.

Menurut Edy, pergadaian juga harus transparan kepada pengguna jada. Mulai dari biaya-biaya administrasi dan biaya bunga.

Transparansi ini bisa dari biaya bunga yang dikenakan. "Jadi seperti suku bunga dasar kredit (SBDK) di bank, masyarakat bisa memilih mana yang lebih murah, kewajiban pergadaiannya seperti itu," kata dia.

Edy mengimbau kepada masyarakat pengguna jasa pergadaian agar hanya menggunakan jasa perusahaan atau pergadaian swasta yang telah mendapatkan izin dari OJK.

Penggunaan jasa pelaku usaha pergadaian yang tidak berizin atau terdaftar di OJK bisa merugijan masyarakat. "Karena OJK tidak bisa mengambil tindakan pengawasan kepada pelaku usaha pergadaian dalam rangka melindungi kepentingan konsumen masyarakat pengguna jasa," imbuh dia.

Tiga perusahaan yang telah mendapatkan izin adalah PT HBD Nusantara, PT Gadai Pinjam Indonesia dan PT Sarana Gadai Prioritas. Sedangkan enam perusahaan yang sudah terdaftar di OJK adalah Koperasi simpan pinjam (KSP) Mandiri Sejahtera Abadi, KSU Dana Usaha, PR Rimba Hijau Investasi, Mitra Kita, PT Mas Agung Sejahtera dan PT Surya Pilar Kencana. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed