Harapan Sri Mulyani, Gubernur BI Hingga Bankir untuk Bos Baru OJK

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 20 Jul 2017 14:50 WIB
Foto: Dok. Pribadi
Jakarta - Wimboh Santoso hari ini resmi dilantik oleh Mahkamah Agung untuk menjadi Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Periode 2017-2022.

Panitia seleksi Dewan Komisioner OJK yakni, Gubernur Bank Indonesia (BI) dan Menteri Keuangan RI hingga industri keuangan mengharapkan Wimboh Santoso dan jajaran bisa membawa OJK menjadi institusi yang lebih baik.

"Kita ucapkan selamat, kita meyakini bahwa Pak Wimboh dan jajaran bisa membawa jadi lebih baik, sesuai dengan amanat yang diberikan oleh negara," kata Agus di Gedung MA, Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Dia menambahkan, OJK diharapkan bisa mewujudkan sektor keuangan Indonesia yang lebih sehat dan melakukan pengawasan yang terintegrasi.

Kemudian Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati mengharapkan agar Wimboh Santoso bisa menjaga OJK menjadi regulator yang baik dan sebagai supervisi jasa keuangan yang berkompeten.

"Sebagai supervisi jasa keuangan diharapkan ketua yang baru bisa melaksanakan tugas dan fungsi ekonominya," ujar dia.

Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Kartika Wirjoatmodjo mengharapkan ketua baru OJK bisa fokus mengelola risiko sektor keuangan secara komprehensif.

"Ini agar ketahanan sektor keuangan dalam mendukung pembangunan nasional semakin baik dan risiko sistemik maupun individual dari lembaga jasa keuangan bisa dikurangi," ujar Tiko.

Kemudian, pendalaman sektor keuangan yang sangat mendesak seperti pendanaan proyek infrastruktur jangka panjang dan diperlukan terobosan dan insentif di bidang infrastruktur.

Tiko menambahkan, pengurus baru OJK diharapkan bisa melanjutkan program financial inclusion. "Kami harap juga bisa bekerja sama baik dengan BI untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi produk yang mendukung sistem pembayaran," jelas dia.

Direktur Utama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Friderica Widyasari mengharapkan pengurus baru OJK bisa meneruskan program yang belum diselesaikan dan mampu membawa industri keuangan lebih baik, kokoh dan stabil.

"Untuk industri pasar modal masih banyak program yang on going, semoga integritas pasar tetap bisa terjaga dengan baik," kata dia.

Pelantikan Ketua dan DK OJK hari ini sesuai dengan Keppres No 87/P.2017 tentang pemberhentian dan pengangkatan anggota DK OJK.

Wimboh Santoso dilantik sebagai Ketua DK OJK, sementara Nurhaida, Tirta Segara, Riswinandi, Heru Kristiyana, Hoesen dan Ahmad (mkj/mkj)