Follow detikFinance
Minggu 30 Jul 2017, 13:55 WIB

Jurus Dirut BNI Genjot Laba: Ekspansi Kredit dan Digital Banking

Danang Sugianto - detikFinance
Jurus Dirut BNI Genjot Laba: Ekspansi Kredit dan Digital Banking Foto: Danang Sugianto
Jakarta - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) sepanjang semester I-2017 berhasil mengantongi laba bersih sebesar Rp 6,4 triliun. Angka tersebut tumbuh 46,7% dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya sebesar Rp 4,4 triliun.

Direktur Utama BNI Achmad Baiquni mengatakan pertumbuhan laba bersih tersebut didorong adanya peningkatan penyaluran kredit, salah satunya juga disebabkan produk-produk digital banking milik BNI.

"Pertama adanya eskspansi kredit 15%, disamping itu juga pendapatan non bunga melalui jasa-jasa terkait dengan kegiatan digital banking ini," tuturnya di sela-sela perhelatan HUT BNI ke 71 di Gedung BNI, Jakarta, Minggu (30/7/2017).

Selain itu kata Baiquni peningkatan aset juga ikut mempengaruhi. Hingga akhir Juni 2017 aset BNI mencapai Rp 631 triliun atau naik 4,76% dari posisi aset di akhir semester I-2016 sebesar Rp 603 triliun.

Baiquni yakin tahun ini bisa mengantongi pertumbuhan laba bersih hingga 2 digit. Namun jumlah pertumbuhannya masih di bawah perolehan semester pertama.

"Target double digit pasti, tapi persentasenya di bawah semester I ini. Karena semester I tahun lalu laba BNI tidak terlalu besar sementara akhir tahun lalu laba BNI lebih besar," imbuhnya.

Sementara untuk penyaluran kredit, tahun ini BNI menargetkan bisa tumbuh 15%. Meski tengah fokus mendorong digitalisasi, target penyaluran kredit itu diperkirakan disumbang paling besar dari sektor infrastruktur.

"Sebenarnya kalau pertumbuhan per segmen paling tinggi segmen BUMN. Karena pembangunan infrastruktur sedang digalakkan pemerintah, sehingga sangat wajar kalau didorong pertumbuhan kredit infrastuktur. Sementara konsumer tumbuh tapi sekitar 12-13%," pungkasnya. (mkj/mkj)
bni
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed