Follow detikFinance
Senin, 07 Agu 2017 22:00 WIB

Tahir Sambangi Kantor Mensesneg Bahas Lembaga Keuangan Mikro

Muhammad Idris - detikFinance
Foto: Danu Damarjati/detikcom Foto: Danu Damarjati/detikcom
Jakarta - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan pengusaha Dato Sri Tahir bertemu di Kantor Sekretariat Negara. Mereka membahas rencana program ekonomi yang diinginkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Intinya lembaga keuangan mikro, tapi lembaga keuangan mikro plus," kata Pratikno usai pertemuan petang ini di kantornya, Kompleks Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (7/8/2017).

Kata dia, Jokowi selalu menyampaikan pentingnya membantu pendanaan ekonomi masyarakat bawah. Selain itu, perlu pula pelatihan kewirausahaan.

Ini beda dengan Corporate Social Responsibility (CSR) yang hanya dari pengusaha langsung diberikan ke yang membutuhkan. Dana-dana dari pengusaha akan ditampung dan dikelola dulu sebelum didistribusikan dengan desain yang lebih efektif, ada pendampingan kewirausahaan pula.

Menurut Tahir, rencana membuat lembaga keuangan mikro ini sedang dibahas dengan OJK.

"Idenya memberikan bantuan pendanaan dengan biaya dan bunga yang sangat rendah. Ini sedang dijajaki oleh OJK, dengan bantuan dari berbagai pengusaha," kata Pratikno.

Tahir menanggapi ide ini dengan kesiapan untuk ikut berkontribusi. "Ada rencana supaya pemerataan ini, bentuk pembiayaan wakaf. Jadi kita memberikan kredit dengan bunga murah. Betul-betul ke grass root. Bikin gerobak, tani, wakaf lah dibikin," tutur Tahir. Ide ini bakal dimatangkan oleh pihak Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. (idr/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed