Follow detikFinance
Jumat 11 Aug 2017, 10:30 WIB

Kemenag: First Travel Wajib Refund atau Berangkatkan Jemaah

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kemenag: First Travel Wajib Refund atau Berangkatkan Jemaah Foto: Parastiti Kharisma Putri/ detikcom
Jakarta - Polisi telah menetapkan bos PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel Andika Surachman dan istrinya, Anniesa Desvitasari, sebagai tersangka dugaan penipuan perjalanan umrah. Meski pucuk pimpinan First Travel menjadi tersangka, Kementerian Agama (Kemenag) tetap mewajibkan biro perjalanan itu melunasi kewajiban mereka ke jemaah.

Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Kementerian Agama RI, Mastuki, mengatakan sebagai tanggung jawab Kemenag kepada jemaah. Kemenag masih mewajibkan First Travel untuk menyelesaikan kewajiban.

"First Travel harus menyelesaikan kewajibannya kepada jemaah berupa refund maupun penjadwalan ulang keberangkatan jemaah dengan mengalihkan ke travel lain," kata Mastuki kepada detikFinance, Kamis (10/8/2017).

Mastuki menjelaskan, selama ini jemaah berhubungan dengan manajemen First Travel. Para jemaah membayar uang langsung kepada travel dan melakukan akad juga dengan pihak travel.

"Jadi prinsipnya Kemenag tidak bertanggung jawab pada jemaah. Yang tanggungjawab adalah travelnya. Makanya kalau jemaah menggugat kepada First Travel melalui Bareskrim atau lembaga lain, itu sudah benar," kata Mastuki.

Mastuki menambahkan, saat ini situasi untuk mendesak First Travel bertanggung jawab jadi sulit akibat penangkapan Andika Surachman, Jumat (11/8/2017). (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed