Follow detikFinance
Minggu 13 Aug 2017, 14:08 WIB

Antusiasme Warga Yogyakarta Meriahkan Pesta Rakyat Istimewa

Edzan Raharjo - detikFinance
Antusiasme Warga Yogyakarta Meriahkan Pesta Rakyat Istimewa Foto: Edzan Raharjo
Yogyakarta - Pesta Rakyat Istimewa digelar di Alun-Alun Utara Yogyakarta memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke - 72 Republik Indonesia. Pesta rakyat yang diadakan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI ini diisi beragam acara.

Berbagai acara di Pesta Rakyat Istimewa diantaranya hiburan musik dengan bintang tamu Ayu Ting Ting, Jalan Sehat (Funwalk) yang diikuti 4000 peserta, pemecahan rekor MURI dengan makan Gudeg bersama oleh ribuan warga, main Angklung bersama-sama, pasar murah, bedah rumah Veteran, dan siswa mengenal nusantara. Ribuan warga Yogyakarta mengikuti berbagai kegiatan yang digelar Alun-Alun Utara Yogyakarta tersebut sejak pagi.

Salah seorang warga, Anastasya Wahyuni (25) mengaku senang dengan acara yang diadakan. Bahkan ia berharap acara seperti ini bisa diadakan setiap tahun. Terutama acara makan Gudeg bersama yang tentunya bisa mempromosikan Gudeg agar dikenal lebih luas lagi.

"Dengan acara seperti kita bisa kumpul bareng. Kalau bisa setiap tahun ada, besok mungkin ganti Bakpia,"kata Siti sambil menikmati Gudeg di Alun-Alun Utara Yogyakarta, Minggu (13/8/2017).

Demikian halnya dengan Siti Zubaidah (30), warga Sleman ini mengaku memang senang dengan kegiatan jalan sehat sehingga ia ikut jalan sehat sejak pagi. Selain kegiatan yang menarik tentunya bisa berkumpul dengan warga masyarakat lain. Ia sendiri juga sangat menyukai makanan Gudeg.

"Gudeg itu rasanya enak, saya sendiri suka yang pedes," katanya.

Sementara itu, untuk berbagi kebahagian dengan warga Yogyakarta atas Kemerdekaan yang telah diraih NKRI selama 7 dasawarsa lebih ini, BNI juga membuka Pasar Murah. Pada kesempatan ini, BNI menyediakan 1.000 paket sembilan bahan makanan pokok (sembako). Paket ini bernilai Rp 140.000 per paket, namun dijual kepada warga yang berhak menerima manfaatnya dengan harga Rp 25.000 per paket.

"Dengan pesta rakyat ini secara langsung rakyat bisa mnegetahui bahwa BUMN ini hadir disetiap kota yang tersebar diseluruh Indonesia," kata Direktur Utama BNI Achmad Baiquni.

Pada saat yang bersamaan di lokasi yang sama, BNI mengundang 10 pelaku usaha yang menjadi mitra binaan korporasi untuk turut serta dalam Pesta Rakyat Istimewa tersebut. Mereka diikutsertakan dalam pameran produk lokal dengan nama Bazaar Mitra Binaan.

Para pelaku usaha mendapatkan jatah booth untuk menjajakan barang-barang yang mereka produksi kepada peserta Pesta Rakyat Istimewa.

Pelaku usaha yang diikutsertakan antara lain Indarwati, Batik Budi Harjanto, Rambak Solo, Titoy Jaya Production, Marenggo Batik, DC 9 Rotan, Intan Rahmadani Snack, Thiwulayu Mbok Sum, dan Bandeng Marus. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed