Follow detikFinance
Senin, 14 Agu 2017 13:16 WIB

Pemerintah Sediakan Kredit Mikro Rp 10 Juta, Bunga 2%

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Bogor - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menyediakan program kredit ultra mikro yang akan memberikan fasilitas pembiayaan bagi masyarakat kelas bawah. Kelas bawah yang dimaksud adalah bagi mereka yang kebanyakan masuk dalam kelompok usaha kecil mikro (UKM)

Program kredit ultra mikro ini juga merupakan implementasi sinergi Kementerian dalam mengangkat ekonomi rakyat melalui inklusi keuangan. Lalu bagaimana cara untuk mendapatkannya ?

Direktur Operasional Koperasi Mitra Dhuafa (Komida) Sugeng Priyono mengatakan, langkah awal yang dilakukan adalah masyarakat tersebut. mendaftar atas nama kelompok.

"Jadi pertama daftar, daftar atas nama kelompok, 1 kelompok terdiri 5 anggota," kata Sugeng di Desa Pasir Angin, Megamendung, Kabupaten Bogor, Jakarta, Senin (14/8/2017).

Sugeng mengatakan, 1 kelompok yang merupakan ibu-ibu ini juga harus dalam satu desa yang sama, dan yakin terhadap anggotanya. Sebab, pengajuan bisa dilakukan kepada kelompok yang belum punya usaha, maupun bagi kelompok yang ingin melanjutkan usahanya.

"Awalnya gitu dulu, setelah itu kita lakukan pengecekan, dan selama proses kita akan beri pelatihan terlebih dahulu," ungkap dia.

Mengenai pengajuan pembiayaan, maksimal ditetapkan sebesar Rp 10 juta per satu kelompok. Namun, kebanyakan dari kelompok ini rata-rata melakukan pinjaman sebesar Rp 3 juta per satu kelompok.

"Tapi itupun masih bisa berkurang, karena saat kita berikan pelatihan, kita dampingi soal pembuatan perencanaan, dari perencanaan itu kelihatan kebutuhan pinjaman dia berapa, misal ajukan Rp 3 juta, setelah dihitung dalam perencanaan ternyata hanya butuh Rp 2,5 juta, ya jadi kita kasih pinjaman Rp 2,5 juta," papar dia.

Mengenai waktu pencairan, Sugeng memastikan hanya membutuhkan waktu kurang lebih selama dua minggu terhitung dari kelompok mendaftar.

"Dari awal daftar hingga pencairan sekitar 2 minggu, kenapa kita lakukan pembinaan, kita ingin tahu secara dalam soal usaha yang dijalani," ungkap dia.

Sementara itu, Managing Director Komida Slamet Riyadi mengatakan, program kredit ultra mikro ini berlaku untuk satu tahun dengan bunga berkisar antara 2% untuk per bulannya, atau 20%-25% satu tahun.

"Bunganya kisaran 20-25% per tahun. Atau 2% per bulan," kata Slamet.

Mengenai skema pembayarannya, Slamet menyebutkan, masing-masing anggota akan mencicil setiap satu minggu sesuai dengan pinjaman yang didapatkannya.

"Kalau satu kelompok lima anggota, dapat pinjaman Rp 2 juta, maka setiap satu minggu bayar Rp 40 ribu selama satu tahun, jadi masing-masing anggota kan masing-masing dapat Rp 2 juta, dia cicil setiap satu minggu," tutup dia. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed