Follow detikFinance
Senin 28 Aug 2017, 19:32 WIB

Agus Marto Serahkan Rencana Anggaran BI 2018 ke Setya Novanto

Danang Sugianto - detikFinance
Agus Marto Serahkan Rencana Anggaran BI 2018 ke Setya Novanto Foto: Ari Saputra
Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo sore ini mendatangi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Kedatangannya guna menyerahkan Rencana Anggaran Tahunan BI (RATBI) 2018.

Agus tiba di Gedung Nusantara 3 DPR sekitar pukul 17.00 WIB. Kedatangannya langsung disambut oleh Ketua DPR RI Setya Novanto dan beberapa tokoh penting DPR lainnya.

Agus pun langsung menyampaikan maksud dari kedatangannya yang ingin menyampaikan RATBI 2018. Penyampaian tersebut menjadi tradisi yang dilakukan BI seperti yang biasa dilakukan pemerintah pada setiap 16 Agustus dalam pembacaan Nota Keuangan.

"Sebetulnya maksud kami pertama silaturahmi, tapi maksud lainnya bahwa kami ingin juga setiap tanggal 16 Agustus ikut menyerahkan rencana anggaran BI," tuturnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (28/8/2017).

Secara singkat Agus menyebutkan, bahwa BI mengajukan anggaran tahunan BI di 2018 sebesar Rp 25,6 triliun. Sedangkan pengeluaran direncanakan sebesar Rp 9,6 triliun.

"Sehingga ada surplus operasional di 2018 sebesar Rp 16 triliun," tambahnya.

Selain itu, dalam dokumen tersebut, BI juga menyampaikan proyeksi pertumbuhan ekonomi di 2018 sebesar 5,29%, inflasi 3,39% dan nilai tukar rupiah Rp 13.550 per dolar AS.

Setia Novanto pun menyambut baik sikap BI sebagai lembaga negara bidang moneter yang ingin secara rutin menyampaikan RATBI. Pihaknya akan melakukan kajian atas draft tersebut yang selanjutnya akan dibahas oleh Komisi XI DPR RI.

"Dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga yang menjalankan kebijakan moneter, BI membutuhkan anggaran nasional, yang merupakan wujud pelaksanakan Undang Undang," tuturnya.

Dirinya berharap agar BI bisa berkomitmen mengedepankan transparansi dalam mengelola anggaran serta menjalankan seluruh kewajiban dan wewenangnya.

"Harapan kami BI dalam merespon perlambatan ekonomi global melalui kebijakan yang sudah dijelaskan dan kami beri apresiasi yang besar," tukasnya. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed