Follow detikFinance
Selasa, 29 Agu 2017 20:40 WIB

Bikin Rekening Bank Cuma 90 Detik Lewat Smartphone

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Danang Sugianto-detikFinance Foto: Danang Sugianto-detikFinance
Jakarta - Penetrasi perkembangan teknologi yang sangat pesat memaksa dunia usaha untuk terus berinovasi. Industri perbankan jadi salah satu contoh dari revolusi pelayanan menggunakan teknologi.

Bank DBS, hari ini meluncurkan sebuah pelayanan perbankan berbasis mobile yang diberi nama Digibank by DBS. Digibank menjadi bank digital yang hadir dalam aplikasi smartphone pertama di Indonesia.

Bikin Rekening Bank Cuma 90 Detik Lewat SmartphoneFoto: Danang Sugianto-detikFinance

Presiden Direktur Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna mengatakan, peluncuran ini menyusu kesuksesan Bank DBS meluncurkan produk yang sama di India pada April 2016. DBS sudah mampu merangkul 1,5 juta nasabah baru lewat Digibank.

"Pengguna smartphone yang sudah sangat banyak juga menjadi alasan kami meluncurkan Digibank. Kita seakan sudah tidak bisa hidup tanpa smartphone. Saya rasa smartphone ini menjadi banking destination poin berikutnya," tuturnya dalam konfrensi pers peluncuran Digibank by DBS di Musium BI, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Head of Digital Banking DBS Indonesia Leonardo Koesmanto menjelaskan, ada banyak kelebihan dari Digibank. Pertama aplikasi bank yang hadir di smartphone itu memiliki teknologi biometrik atau sidik jari.

"Jadi digital banking ini paperless dan signature less. Jadi kita tidak perlu lagi buka form berlembar-lembar saat mau buka rekening," tuturnya.

Untuk membuka rekening di digibank ini, pertama unduh aplikasinya ke smartphone, lalu pilih tombol buat rekening. Kemudian calon nasabah isi informasi singkat, lalu buat username dan password untuk login digibank.

Setelah itu calon nasabah harus menjawab beberapa pertanyaan dasar seperti layaknya membuat rekening biasa. Kemudian atur jadwal bertemu dengan agen untuk proses verifikasi sidik jari dengan e-KTP.

"Jadi yang dibutuhkan hanya e-KTP. Karena disitu ada data sidik jarinya. Itu untuk verifikasi. Nah agen kita yang akan mendatangi," tambah Leo.

Untuk mengatur jadwal pertemuan dengan agen, calon nasabah bisa memilih apakah ingin bertemu saat itu juga, mengatur jadwal atau langsung mendatangi booth atau kantor DBS terdekat. Pertemuan dengan agen DBS hanya untuk verifikasi sidik jari, sehingga proses pembuatan rekening Digibank hanya 90 detik.

Bikin Rekening Bank Cuma 90 Detik Lewat SmartphoneFoto: Danang Sugianto-detikFinance

Selain itu, Digibank juga memiliki kelebihan virtual asistant yang berteknologi artificial intelligence (AI). Program tersebut layaknya customer service di bank. Nasabah juga bisa mengajukan pertanyaan tanpa harus menggunakan bahasa yang kaku.

"Jadi bisa tanya misalnya, berapa sih rekening saya, atau berapa sih rekening gue. Memang awal mula akan ada miss jawabannya, tapi AI ini terus belajar. Di India keakuratannya sudah 90%, sekarang di Indonesia sekitar hampir 50%," tambah Leo.

Sementara dari sisi keamanan, Digibank menggunakan soft token. Sehingga ketika melakukan kegiatan perbankan tidak perlu menunggu SM masuk dan memberikan tingkat keamanan lebih tinggi.

Digibank juga memberikan bunga tabungan 3% untuk penempatan saldo pertama. Lalu lewat aplikasi itu juga bisa menempatkan investasi deposito dengan bunga hingga 6,25%.

"Kita juga ada kartu debitnya, dan debit itu bisa digunakan di ATM mana saja bebas biaya. Mau transfer kemana saja juga bebas biaya," tukasnya.

DBS menargetkan bisa menjaring 3,5 juta nasabah baru dari Digibank dalam kurun waktu 5 tahun. Perseroan menargetkan perolehan Dana Pihak Ketiga (DPK) dari Digibank karena tidak mendapatkan fee base income dari program tersebut. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed