Follow detikFinance
Jumat 01 Sep 2017, 15:35 WIB

BI Targetkan Masalah ATM Offline Beres 10 September

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
BI Targetkan Masalah ATM Offline Beres 10 September Foto: Tim Infografis, Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Hampir satu pekan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) sejumlah bank offline akibat gangguan pada satelit Telkom 1. Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan gangguan tersebut tak berdampak signifikan kepada sistem pembayaran nasional.

"Terkait satelit Telkom 1, itu kan hanya salah satu jaringan ya. Tapi ada alternatif lain seperti satelit Telkom 1 atau Telkom 2 hingga Telkom 3s, jadi seluruh pihak terkait bisa menggunakan itu," kata Agus di Gedung BI, Jumat (1/9/2017).

Agus mengatakan, antisipasi tersebut adalah bentuk kehati-harian. Dalam istilah bisnis adalah continuity plan. Menurut dia hal ini yang harus diutamakan agar pelayanan ke masyarakat jangan terganggu akibat masalah itu.


"Kami harap tanggal 10 September ini sudah selesai seluruhnya," kata dia.

Dia mengatakan, hampir setiap hari diperkirakan 1.000 unit ATM sudah bisa digunakan. Kemudian untuk masalah di kantor kas sudah bisa beroperasi kembali.


Sebelumnya, BI menyebutkan ada 11 bank yang terdampak gangguan ini. Namun yang paling terasa adalah BCA, BNI, Mandiri, BRI dan BTN.

"Untuk bank yang kecil mereka masih bisa gunakan jaringan ATM lain, sehingga bisa terhubung dengan jasa interkoneksi," ujarnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed