Follow detikFinance
Minggu 10 Sep 2017, 15:05 WIB

Masih Ada ATM yang Offline, Ini Penjelasan BCA

Danang Sugianto - detikFinance
Masih Ada ATM yang Offline, Ini Penjelasan BCA Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mencatat masih ada ATM yang offline sebagai imbas dari gangguan satelit Telkom 1. Meskipun proses perbaikan masih terus dilakukan.

Direktur BCA Santoso mencatat hingga pagi tadi masih ada sekitar 1.200 ATM BCA yang berstatus offline. Angka itu setara dengan 10% ATM milik BCA.

"Saya pikir kurang dari 10% dan kami terus berupaya supaya ditekan di bawah 1.000 ATM," tuturnya kepada detikFinance, Minggu (10/9/2017).

Padahal, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) selaku pemilik satelit tersebut sebelumnya menargetkan bisa menyelesaikan proses perbaikan hingga 10 September 2017 atau hari ini. Namun ternyata hingga saat ini masih ada ATM BCA yang terkendala.

Menurut Santoso, salah satu kendala mengapa proses perbaikan molor dari target, lantaran ada kendala dalam proses repointing atau penetapan arah antena ground segment.

"Masih ada beberapa yang offline terutama adanya hambatan karena saat repointing terhalang gedung dan lainnya," imbuhnya.

Santoso menegaskan, bahwa proses perbaikan hingga saat ini terus dilakukan. Meskipun dia mengakui, bahwa proses perbaikan memang sedikit molor dari yang diperkirakan.

"Saya pikir di awal kita perkirakan di rencana awal kita 25 hari recovery, namun saat ini sebagian besar sudah selesai di 14 hari," tukasnya.


Sekadar informasi, untuk membenahi satelit tersebut, Telkom melakukan migrasi transponder dari satelit Telkom 1 ke satelit milik Telkom lainnya yakni Telkom 2 dan 3S. Selain itu pihaknya juga menggunakan satelit miliki perusahaan asing yang menjangkau wilayah Indonesia, seperti milik satelit milik Hongkong dan China.

Secara paralel, Telkom juga akan melakukan proses repointing antena ground segment yang dilakukan secara bertahap. Ada sekitar 15 ribu antena ground segment dari satelit Telkom 1 yang harus dipindahkan.

Seluruh antena ground segment tersebut sekitar 12.030 antena untuk melayani 8 pelanggan provider VSAT yang merupakan perusahaan yang kembali melayani perusahaan lainnya seperti perbankan. Lalu sekitar 3.000 antena merupakan milik pelanggan end user yang menggunakan jaringan satelit Telkom 1 untuk keperluan pribadinya.

Proses perbaikan migrasi transponder dan perpindahan antena ground segment diperkirakan bisa rampung pada 10 September 2017. Begitu pula dengan BCA yang mengalihkan menggunakan jalur komunikasi yang lain. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed