Follow detikFinance
Senin 11 Sep 2017, 09:54 WIB

Nilainya Tembus Rp 60 Juta, Apa Benar Bitcoin Menguntungkan?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Nilainya Tembus Rp 60 Juta, Apa Benar Bitcoin Menguntungkan? Foto: Getty Images
Jakarta - Mata uang virtual Bitcoin beberapa hari terakhir mencatatkan rekor tertinggi. Nilai tukarnya mencapai US$ 4.909 per keping. Per Senin (11/9/2017) nilai Bitcoin tercatat US$ 4.290 per keping.

Tapi apa benar menggunakan Bitcoin bisa menguntungkan?

Mengutip Bitcoin.org, menggungakan Bitcoin memungkinkan anda untuk mengirim dan menerima uang secara cepat di manapun dan kapanpun. Tidak terganggu dengan jadwal libur bank dan tak terbatas oleh jarak negara. Jadi Bitcoin memberikan penggunanya kekuasaan penuh atas uang yang mereka miliki.

Kemudian, pembayaran menggunakan Bitcoin diproses dengan tarif yang sangat kecil. Bahkan bisa diproses tanpa biaya. Pengguna dapat memasukkan biaya dalam transaksi untuk memperoleh pemrosesan pembayaran yang ingin lebih cepat diselesaikan. Proses ini jauh lebih murah dibandingkan pembayaran menggunakan kartu kredit atau PayPal.

Transaksi Bitcoin memiliki risiko yang rendah untuk penjual. Sebab, setiap transaksi tidak bisa dibatalkan dan tidak mengandung informasi pribadi atau sensitif dari pelanggan. Hal ini melindungi penjual dari kerugian akibat penipuan.

Pengguna Bitcoin memiliki kuasa penuh atas transaksi yang mereka lakukan. Contohnya pembayaran dengan Bitcoin bisa diset tanpa menyertakan identitas pribadi. Ini diklaim bisa memberikan perlindungan dari para pencuri identitas yang sekarang sedang marak.

Bitcoin dikenal sebagai cryptocurrency yang transparan dan netral. Bisa dilihat dari jumlahnya yang dibatasi. Hal ini memungkinkan tidak ada individu atau kelompok yang bisa memanipulasi jumlah Bitcoin di seluruh dunia. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed