Follow detikFinance
Senin 11 Sep 2017, 10:43 WIB

Bitcoin, Mata Uang Virtual yang Mulai Digunakan di Dunia Nyata

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Bitcoin, Mata Uang Virtual yang Mulai Digunakan di Dunia Nyata Foto: Getty Images
Jakarta - Bitcoin sebagai mata uang virtual memiliki nilai yang terus berfluktuasi sesuai dengan supply and demand. Tapi, sudah banyak bisnis di dunia nyata yang pembayarannya menggunakan cryptocurrency ini.

CEO Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan mengatakan Bitcoin di Jepang sudah setara dengan Yen san bisa digunakan untuk layanan publik.

"Selain Jepang, di Amerika Serikat (AS) bahkan Microsoft dan Dell bisa dibayar menggunakan Bitcoin," kata Oscar kepada detikFinance, Senin (11/9/2017).

Dia mengatakan, mulai banyaknya bisnis fisik yang menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran karena cryptocurrency ini dianggap sebagai safe haven asset.

"Jadi pengguna sudah menganggap Bitcoin sarana investasi setara emas," ujar di.

Mengutip Bitcoin.org, sudah banyak perusahaan hingga restoran yang menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran.

Kemudian layanan online seperti Namecheap, WordPress, Reddit dan Flattr juga sudah menggunakan Bitcoin. Bitcoin dikembangkan pada 2009, namun pada akhir Agustus 2013 nilai total Bitcoin yang beredar sudah melebihi US$ 1,5 miliar dengan total transaksi pertukaran bernilai jutaan dolar setiap harinya.

Sedangkan di Indonesia berdasarkan laman resmi bitcoin.co.id ada sekitar 149 toko baik online maupun offline yang sudah menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran. Lokasi tersebar di seluruh Indonesia. Toko juga bervariasi mulai dari restoran, rental mobil, layanan isi ulang pulsa sampai toko souvenir. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed