Follow detikFinance
Jumat 15 Sep 2017, 17:48 WIB

BI Bawa 3 Bank Bantu Penyebaran Kartu 'Sakti' di Banten

Bahtiar Rifa'i - detikFinance
BI Bawa 3 Bank Bantu Penyebaran Kartu Sakti di Banten Foto: Bahtiar Rifa'i
Serang - Bank Indonesia (BI) merangkul tiga bank membantu penyebaran kartu multifungsi program sosial kesehatan milik pemerintah Provinsi Banten. Tiga bank yaitu BNI, BJB dan Bank Banten nanti akan membantu penyebaran ke 177 keluarga harapan di seluruh kabupaten dan kota.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan, penyaluran kartu ini nanti bisa melalui agen tiga bank yang sudah ditunjuk melalui laku pandai dan layanan keuangan digital. Kartu tersebut diharapkan menjadi kartu kombo sehingga bantuan sosial dan kesehatan di Banten melalui kartu yang sama.

"Penyalurannya akan dilakukan perbankan tetapi kalau di daerah terpencil tidak bisa hadir, mereka bisa hadir dengan laku pandai atau agen atau layanan keuangan digital," kata Agus kepada wartawan usai meresmikan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Kota Serang, Jumat (15/9/2017).

Karena pemerintah pusat juga memiliki program keluarga harapan dan bantuan pangan non tunai, Agus melanjutkan bahwa kartu yang digunakan di Banten ini nanti menggunakan kartu keluarga harapan dari Kementerian Sosial.

"Kita tadi sudah mengetahui bahwa dari penerima manfaat program keluarga harapan ada 177 ribu keluarga di Banten," katanya.

Di tempat yang sama, Gubenur Banten Wahidin Halim mengatakan, kerja sama antara pemerintah daerah dan BI Perwakilan Banten ini dilakukan untuk antisipasi kebocoran anggaran pada bantuan sosial, hibah dan kesehatan gratis. Lewat program ini dan kerjasama dengan perbankan yang dikoordinir oleh BI Banten, bantuan bisa menjangkau daerah-daerah yang masih terisolir.

"Saya berpikir membuat kartu multiguna dan direspons Pak Budi (Kepala Kantor Perwakilan BI Banten), sehingga BI sudah mengumpulkan teman-teman di perbankan untuk membuat kartu ini," katanya.

Sampai saat ini, Wahidin menjelaskan sudah sekitar 47 ribu kartu yang sudah dicetak dan siap disosialisasikan untuk dibagikan. Bank Banten sebagai bank milik pemerintah daerah mengaku sudah menyiapkan gerai sampai ke tingkat kecamatan. (bri/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed