Follow detikFinance
Selasa, 26 Sep 2017 16:46 WIB

Mudahkan TKI Bayar Iuran, BPJS Ketenagakerjaan Gandeng CIMB Niaga

Muhammad Idris - detikFinance
Foto: Muhammad Idris/detikFinance Foto: Muhammad Idris/detikFinance
Jakarta - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bekerja sama dengan PT Bank CIMB Niaga Tbk menjaring kepesertaan tenaga kerja Indonesia (TKI). BPJS Ketenagakerjaan gencar menambah kepersertaan pekerja migran Indonesia mulai Agustus tahun ini.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, mengatakan jumlah TKI di luar negeri cukup besar. Data pemerintah, saat ini ada 1,5 juta orang TKI yang bekerja di sektor formal.

"TKI, kita baru dapat amanah sejak Agustus 2017. Baru dua bulan saat ini sudah 70.000 TKI yang mendaftar (kepesertaan). Kalau potensi data dari pemerintah sendiri TKI yang formal ada 1,5 juta orang. Data LSM bahkan sampai 10-15 juta orang TKI," kata Agus saat penandatangan MoU dengan CIMB Niaga di Jakarta, Selasa (26/9/2017).


Menurutnya, kerja sama dengan CIMB dijalin lantaran jaringan bank yang berinduk di Malaysia ini cukup besar di Asia Tenggara. Hal ini akan memudahkan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan di luar negeri.

"BPJS secara regulasi itu wajib (kepesertaan) pada TKI. Mereka bisa daftar di luar negeri secara elektronik, namun proses pembayarannya ada beberapa kendala, makanya kita jalin kerja sama dengan bank yang punya banyak cabang di negara penempatan," terang Agus.

Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan untuk TKI meliputi jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan jaminan hari tua. Agus belum bisa merinci potensi iuran dari TKI di luar negeri, yang jelas Kerja sama dengan CIMB dilakukan untuk memudahkan pembayaran iuran pekerja. migran.


Sementara itu, Presiden Direktur CIMB Niaga, Tigor Siahaan, menambahkan pihaknya memiliki cabang yang cukup banyak di ASEAN dalam CIMB Group, terutama di Malaysia, yang jadi negara tujuan TKI terbesar saat ini.

"Sinergi besar peluangnya, bahwa TKI di luar sana kisarannya 10-15 juta orang. Salah satu terbesarnya di Malaysia, kami di CIMB Group fokus kami di ASEAN, dengan Malaysia jadi negara penempatan TKI paling besar," jelas Tigor. (idr/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed