Follow detikFinance
Selasa, 26 Sep 2017 18:56 WIB

Suku Bunga Acuan BI Turun Lagi, CIMB Niaga: Kita Sih Ikut

Muhammad Idris - detikFinance
Foto: web cimbniaga.com Foto: web cimbniaga.com
Jakarta - Bank Indonesia (BI) beberapa hari lalu kembali memangkas suku bunga acuan BI 7-Days Reverse Repo Rate sebesar 25 basis point (bps), menjadi 4,25% dari sebelumnya 4,5%.

Presiden Direktur Bank CIMB Niaga, Tigor Siahaan, mengatakan, dengan penurunan tersebut, ada ruang untuk kembali menurunkan bunga kredit pada bank yang dinakhodainya. Apalagi, tingkat inflasi masih sesuai dengan harapan.

"Kita sih ikuti dengan penurunan suku bunga di BI, dan kita juga melihat bahwa sebenarnya mayoritas dari landing (kredit) kita sudah sigle digit, morgate (bunga KPR) kita single digit, dan lainnya sigle digit," kata Tigor ditemui di Financial Club CIMB Niaga, Jakarta, Selasa (26/9/2017).

"Kita juga terus menurunkan suku bunga yang ada. Kita lihat kemarin kartu kredit diturunkan bulan Juni kemarin dari 2,95% per bulan jadi 2,25%. Jadi kita ikutin pasar," tambahnya.


Soal estimasi penurunan kredit pada CIMB Niaga, dirinya belum bisa membeberkan angka pastinya. Namun yang pasti, jika kondisi pasarnya masih seperti sekarang, tentunya akan ada ruang penurunan kredit.

"Penurunan (kredit) kita ikuti pasar. Saya rasa kemarin memang BI menurunkan (suku bunga acuan), hubungannya karena market melihat ada penurunan gejolak secara makro. Karena kita tahu sendiri antisipasi kapan The Fed," ujar Tigor.

Dengan kondisi saat ini, pihaknya optimis bunga kredit bisa kembali menurun pada akhir tahun nanti.

"Tapi nanti kita lihat lagi bagaimana penurunan suku bunga di 12 bulan dengan rate yang baru. Ke depannya ini sejalan dengan pemerintah menurunkan suku bunga, karena inflasi yang ada cukup. Jadi memang peluang itu dirasakan ada di pemerintah dan BI. Kami akan transmisikan kepada nasabah-nasabah kami," pungkasnya. (idr/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed