Follow detikFinance
Rabu 11 Oct 2017, 11:37 WIB

Pengguna Non Tunai di Tol Jadi 80% dalam 1 Bulan, Ini Penyebabnya

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Pengguna Non Tunai di Tol Jadi 80% dalam 1 Bulan, Ini Penyebabnya Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat, penetrasi penggunaan uang elektronik di tol saat ini sudah mencapai angka 80% dari total jumlah pengguna jalan tol secara nasional. Angka ini melonjak cukup tinggi dibanding capaian pada September lalu yang masih berkutat di angka 49%.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), seperti dikutip detikFinance, Rabu (11/10/2017), ada beberapa hal yang mendorong terjadinya lonjakan transaksi non tunai di tol. Di antaranya lebih banyaknya penerbit uang elektronik yang bisa melayani jalan tol. Hal ini didukung dengan penerapan SAM Multi Applet pada uang elektronik sehingga semua kartu bisa dibaca oleh satu reader.

Selain itu, kampanye yang lebih masif pada 35 ruas tol yang dikelola oleh 11 BUJT juga mampu mengantarkan beberapa ruas mencapai elektronifikasi 100% nontunai. Hal ini tak terlepas dari penerapan 100% non tunai di sejumlah gerbang tol secara bertahap.

Misalnya di tol Bogor ring road, penetrasi non tunai sudah mencapai 100%, kemudian di Tol Bali Mandara juga sudah penuh 100%. Ruas tol lainnya yang sudah cukup tinggi penggunaan uang elektroniknya adalah Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (84%), Pondok Aren-Serpong (81%), JORR W2 (81%), JORR W1 (88%), Jagorawi (86%), Tol Soedijatmo (86%), dan Semarang A, B, C (78%).

Saat ini, kampanye masih terus dilakukan melalui berbagai channel komunikasi secara masif untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat. Baik melalui media cetak, elektronik, radio termasuk di gerbang tolnya. (eds/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed