Follow detikFinance
Rabu 11 Oct 2017, 13:57 WIB

Industri Lesu, Perusahaan Asuransi Habibie Bidik Premi Rp 195 M

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Industri Lesu, Perusahaan Asuransi Habibie Bidik Premi Rp 195 M Foto: Ari Saputra
Jakarta - Industri asuransi Indonesia disebut pelaku usaha sedang mengalami penurunan. Perusahaan asuransi milik keluarga Habibie, PT Malacca Trust Wuwungan Insurance (MTWI) Tbk, masih berharap bisa menumbuhkan premi.

Tahun ini, premi yang dibidik Rp 195 miliar, lebih tinggi dari perolehan tahun lalu Rp 171 miliar. Sampai September 2017, nilainya sudah mencapai Rp 142 miliar.

"Target premi tahun ini Rp 195 miliar. Sampai bulan September ini sudah Rp 142 miliar," ucap Direktur Utama Perseroan, Vientje Harijanto, di sela-sela acara pencatatan perdana saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (11/10/2017).

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk tahun depan MTWI akan menargetkan premi sebesar Rp 220 miliar. Hal ini juga dilakukan secara konservatif karena Vientje menilai kondisi pertumbuhan industri di Indonesia masih lesu.

"Kondisinya lagi lesu, kita sebagai pemain baru di tahun 2012 akuisisi Wuwungan kami masuk market dengan hati-hati. Menyeleksi risiko yang di-underwrite dan kami hati-hati memberlakukan tarif yang ada supaya cashflow tidak terganggu, portofolio kualitas lebih baik," sambung wanita berambut pendek ini.

Sehingga ke depannya, Vientje berharap industri asuransi sudah membaik dan MTWI siap untuk kembali memasuki industri.

Lantas, untuk rencana ekspansi, MTWI baru memfokuskan pada penjualan digital. Hal ini dibuktikan melalui mobile apps, Malacca Easy yang dibuat untuk distribusi dan proses bisnis.

"Saat ini aplikasi Malacca Easy itu mobile apps untuk mengganti proses pembuatan polis. Jadi kalau ada orang yang mau beli polis dengan simple risk bisa langsung lewat app dan polis dikirim ke email dalam menit atau untuk claim," pungkasnya. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed