Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 19 Okt 2017 18:39 WIB

Kredit Bermasalah Capai 3%, BI Anggap Sistem Keuangan Masih Stabil

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Bank Indonesia (BI) menganggap sistem keuangan masih dalam kategori stabil, meskipun berdasarkan data terakhir Agustus 2017 rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) masih berada pada level 3,0% (gross) atau 1,4% (net).

Pertumbuhan kredit perbankan masih melambat dengan 8,3% pada Agustus 2017 atau naik tipis dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 8,2%. Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) pada Agustus 2017 justru menurun dengan realisasi 9,6% (yoy), sementara bulan sebelumnya 9,7% (yoy).

Rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) perbankan yang cukup tinggi pada level 23,1% dan rasio likuiditas (AL/DPK) pada level 23,4% pada Agustus 2017.

"Stabilitas sistem keuangan tetap terjaga didukung oleh ketahanan industri perbankan dan pasar keuangan yang kuat," kata Asisten Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo di Kantor Pusat BI, Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Dody menyampaikan, intermediasi perbankan ke depan diperkirakan membaik sejalan dengan berlanjutnya dampak penurunan suku bunga acuan dan pelonggaran kebijakan makroprudensial yang dilakukan sebelumnya oleh BI, serta kemajuan dalam konsolidasi perbankan dan korporasi.

"Selain itu, pembiayaan perekonomian melalui pasar modal diharapkan juga semakin membaik sejalan dengan langkah-langkah pendalaman pasar keuangan. Bank Indonesia bersama otoritas terkait akan terus berkoordinasi untuk memastikan stabilitas sistem keuangan dapat tetap terjaga guna mendukung momentum pemulihan ekonomi," paparnya. (mkj/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com