Follow detikFinance
Rabu 08 Nov 2017, 10:08 WIB

Apa Keuntungan Simpan Uang di Tabungan Rencana Pendidikan?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Apa Keuntungan Simpan Uang di Tabungan Rencana Pendidikan? Foto: Ari Saputra
Jakarta - Memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak adalah impian orang tua. Tabungan rencana pendidikan bisa jadi salah satu cara mudah untuk membantu mewujudkan impian tersebut.

Tabungan rencana memiliki kelebihan dibandingkan tabungan biasa yang ada di bank. Namun, keuntungan yang didapatkan juga tergantung dengan berapa banyak dan berapa lama nasabah menyimpan uangnya.

"Untuk tabungan pendidikan itu memang tergantung berapa lama nasabah merencanakan, juga berapa banyak dana yang disetorkan setiap bulannya. Ini turut mempengaruhi imbal hasil yang tinggi dibandingkan tabungan biasa," kata Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andi Nugroho saat dihubungi detikFinance, Kamis (2/11/2017).

Menurut Andi, untuk biaya pendidikan sebaiknya instrumen investasi tidak hanya di satu tempat. Tapi bisa juga di instrumen lain seperti deposito dan logam mulia.

"Karena untuk biaya pendidikan setiap tahunnya pasti naik sekitar 20%, jadi yang harus diperhatikan adalah imbal hasil dari tabungan rencana itu," ujar dia.

Dia menyebutkan, misalnya orang tua ingin menyekolahkan anak di jurusan kedokteran di sebuah universitas ternama di Jakarta. Orang tua harus survei dan mencari tahu informasi berapa besar biaya untuk masuk kampus tersebut.

"Misalnya mau masuk UI jurusan kedokteran, orang tua harus cari biaya SPP nya katakanlah Rp 100 juta, tahun depan inflasi pendidikan 20%, artinya tahun depannya lagi Rp 120 juta begitu seterusnya untuk simulasinya," tambah dia.

Saat ini biasanya bank memberikan imbal hasil sekitar 4%-5% untuk tabungan rencana pendidikan. Memang masih jauh dari inflasi pendidikan. Namun, orang tua setidaknya sudah memiliki dana pegangan yang lebih tinggi jika dibandingkan hanya menyimpan dengan tabungan biasa.

"Orang tua kan bisa punya dana, sisanya ditambahkan dari hasil investasi lain. Memang kalau investasi jangan di satu tempat. Begitupun untuk biaya pendidikan bisa disimpan di reksa dana, emas hingga saham," tambah dia.

Masih bingung cari tabungan buat simpan dana pendidikan anak? Coba di Bank Mega, melalui program Mega Super Vaganza Gemilang Emas.

Setiap bulan ada 30 nasabah beruntung dapat emas batangan 10 gram dan satu nasabah dapat 100 gram secara gratis jika ikut program tersebut.

Selain itu, dua orang nasabah juga berkesempatan memenangkan grand prize masing-masing 500 gram emas di akhir periode.

Program Mega Supervaganza Gemilang Emas telah dimulai sejak 25 September 2017 dan akan berakhir pada 11 Maret 2018. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed