Follow detikFinance
Rabu 08 Nov 2017, 14:53 WIB

Generasi Milenial Malas Jalan ke Bank, Maunya Praktis

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Generasi Milenial Malas Jalan ke Bank, Maunya Praktis Foto: istimewa
Jakarta - Semakin variatifnya industri jasa keuangan membuat industri perbankan sedikit was-was. Salah satu lembaga yang gencar mengambil pangsa perbankan adalah perusahaan Financial Technology (Fintech).

"Industri perbankan penuh tantangan akibat berkembangnya teknologi. Salah satunya Fintech. Yang gencar sekali masuk ke pembiayaan," ungkap Direktur Bisnis Menengah BNI,Putrama Wahju Setyawan, saat berbincang dengan media di Kantor BNI, Thamrin, (8/11/2017).

Industri Fintech merupakan hal yang baru di Indonesia. Sebagian besar, Putrama mengatakan Fintech ini disenangi kaum 'millenial'.

"Fintech disukai kalangan milenial karena lebih mudah memberikan pelayanan transaksi pembiayaan hanya dengan teknologi dari ponsel saja. Coba sekarang berapa banyak nasabah yang pergi ke kantor cabang bank demi mendapatkan lending (pinjaman)? Saya rasa sudah pada malas, sedikit sekali bagi generasi muda pergi ke bank," tambah Putrama.

BNI sendiri, lanjut Putrama, nasabah di generasi milenial mencapai 62%. Dan mereka, sambungnya, sangat menyukai kemudahan dalam bertransaksi.

"Banyak yang maunya praktis sekarang," terangnya.

Mengutip definisi yang dijabarkan oleh National Digital Research Centre (NDRC) Fintech adalah istilah yang digunakan untuk menyebut suatu inovasi di bidang jasa finansial. Kata Fintech sendiri berasal dari kata financial dan technology yang mengacu pada inovasi finansial dengan sentuhan teknologi modern.

Lebih jauh Putrama menambahkan, perbankan harus bekerjasama dengan industri Fintech untuk tetap eksis dalam memberikan pelayanan kepada nasabah. Selain dengan mengembangkan teknologi terbaru bagi industrinya sendiri.

"Kami pun lebih mengarah dengan mengembangkan teknologi seperti penambahan jaringan Cash Deposit Machine (CDM/Alat untuk menabung dari mesin) sampai inovasi dan peremajaan jaringan ATM," tutup Putrama. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed