Follow detikFinance
Rabu 08 Nov 2017, 15:01 WIB

Bunga Sudah Turun, Saatnya Ambil Kredit

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Bunga Sudah Turun, Saatnya Ambil Kredit Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Bunga kredit perbankan nasional diklaim terus menurun. Dari data Bank Indonesia (BI) suku bunga kredit perbankan per September 2017 rata-rata 11,6% turun 8 basis poin dibandingkan bulan sebelumnya 11,68%.

Direktur Bisnis Menengah BNI Putrama Wahyu Setiawan menjelaskan bunga kredit di BNI sudah satu digit di sejumlah segmen.

"Saat ini di BNI sendiri bunga untuk kredit infrastruktur sudah single digit di bawah 10%. Segmen yang kredit yang kecil sampai Rp 5 miliar sudah single digit, jadi sudah turun," kata Putrama dalam diskusi di Kantor Pusat BNI, Jakarta, Rabu (8/11/2017).

Dia menjelaskan, segmen kredit menengah juga sudah turun dari level 13-13,5% ke posisi 11-12%. "Memang belum single digit karena faktor risiko. Tantangannya bagaimana kita menjaga di bottomline, pendapatan bunga turun tapi kami harus mampu berkembang," jelas dia. Karena itu, BNI berupaya untuk menggenjot pendapatan non bunga seperti fee based income.

Dia menjelaskan meskipun Bank Indonesia (BI) sudah menurunkan suku bunga acuan BI 7days Repo Rate menjadi 4,25% dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sudah menurunkan suku bunga penjaminan namun bank tidak bisa serta-merta langsung menurunkan.

Berdasarkan data suku bunga dasar kredit (SBDK) BNI memberikan bunga untuk kredit korporasi sebesar 10,25%, kredit ritel 9,95%. Lalu untuk kredit konsumsi KPR 10,5% dan kredit konsumsi non KPR 12,5%.

Sebelumnya, Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara menjelaskan, untuk menjaga stabilitas moneter, bank sentral sudah melakukan banyak penurunan suku bunga.

"BI sudah turunkan banyak bunga sebenarnya, jadi pelonggaran moneter seperti penurunan suku bunga ruangnya sudaj tidak ada. Karena ini sudah level rendah dibandingkan periode tahun-tahun sebelumnya," kata Mirza. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed