Follow detikFinance
Kamis 09 Nov 2017, 14:31 WIB

Mitsubishi Tawar Bank Danamon Rp 24 Triliun?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Mitsubishi Tawar Bank Danamon Rp 24 Triliun? Foto: Bank Danamon di Matraman
Tokyo - Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) dikabarkan berminat membeli 40% saham PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN). Saat ini proses tawar-menawar sedang berlangsung.

Menurut informasi sumber Reuters yang tidak disebutkan namanya, nilai transaksi pembelian saham ini sekitar 200 miliar yen atau sekitar US$ 1,8 miliar (Rp 24,3 triliun).

Saham yang akan dibeli milik pengendali utama Bank Damanon di Singapura, yaitu Asia Financial Indonesia Pte Ltd (AFI), anak usaha Temasek Holding.

Direktur Danamon, Michellina Triwardhany, mengatakan Bank Danamon telah menerima pemberitahuan dari pemegang saham pengendali, yaitu AFI, bahwa induknya itu telah menerima expression of interest atas kepemilikan saham AFI di Bank Danamon.

"Kami memahami, bahwa ketertarikan tersebut tergantung pada hasil negosiasi lebih lanjut yang belum tentu menghasilkan perjanjian yang mengikat. Sehingga transaksi ini belum tentu terealisasi," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima detikFinance, Kamis (9/11/2017).

Ia meminta pemegang saham dan pihak lainnya agar bersikap pruden dalam bertransaksi terkait saham perusahaan sehubungan dengan adanya kabar ini.

"Kegiatan operasional Bank Danamon berjalan normal serta selalu mengedepankan layanan yang terbaik kepada para nasabah," jelasnya.

Bank Danamon jadi bagian dari Temasek sejak Juni 2003, saat 51% sahamnya dibeli oleh AFI dari Indonesian Bank Restructuring Agency(IBRA). Tak lama setelah itu IBRA kembali menjual 10,88% ke AFI. (ang/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed