Follow detikFinance
Selasa 21 Nov 2017, 12:50 WIB

Pinjaman Online Makin Marak, Bagaimana Kalau Kreditnya Macet?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Pinjaman Online Makin Marak, Bagaimana Kalau Kreditnya Macet? Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Dalam penyaluran dana melalui peer to peer lending peminjam dan yang meminjamkan tidak bertemu langsung. Mereka hanya terfasilitasi oleh sebuah aplikasi.

Lalu bagaimana, perusahaan P2P mengantisipasi risiko kredit macet yang mengintai?

CEO Investree Adrian Gunadi menjelasakan dalam menanggulangi kredit macet atau non performing loan (NPL), Investree memiliki sistem mitigasi risiko yang terintegrasi berupa credit-scoring, verifikasi, dan credit-grading yang lengkap.

"Jadi apabila peminjam mengalami wanprestasi atau gagal bayar atas pinjamannya, Investree akan segera menginformasikan kepada pemberi kredit dan melakukan usaha-usaha penagihan kepada peminjam," kata Adrian kepada detikFinance, Selasa (20/11/2017).

Dia mengatakan penagihan dilakukan oleh Tim Collection Investree sebagai komitmen perusahaan untuk mendapatkan penyelesaian yang menguntungkan bagi semua pihak, terlebih pemberi kredit.

CEO KoinWorks Benedicto Haryono menjelaskan cara perusahaan memitigasi risiko pinjaman adalah dengan meningkatkan kualitas penilaian calon peminjam.

"KoinWorks menggunakan sistem penilaian kelayakan kredit dengan menggunakan standar perbankan sehingga dapat memberikan penilaian pinjaman yang lebih berkualitas," ujar dia.


Kemudian Peminjam yang lulus dan sudah disetujui akan diberikan skor kredit.

Lalu KoinWorks mengalokasikan 30% dari keuntungannya untuk didedikasikan sebagai dana perlindungan yang akan melindungi dana investor apabila ada peminjam yang gagal bayar.

"KoinWorks bekerja sama dengan mitra-mitra terdepan dalam kualitas dan teknologi untuk memberikan kualitas pinjaman yang lebih baik dan pengalaman yang memuaskan bagi seluruh pengguna layanan KoinWorks," ujar dia.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed