Follow detikFinance
Kamis 23 Nov 2017, 20:47 WIB

Bunga Simpanan Turun, OJK: Orang Bisa Pindah ke Saham

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Bunga Simpanan Turun, OJK: Orang Bisa Pindah ke Saham Foto: Ari Saputra
Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan penurunan suku bunga dana pihak ketiga (DPK) atau simpanan akan berdampak pada pergeseran penempatan dana masyarakat.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso menjelaskan, pergeseran dana akan otomatis terjadi jika bunga rendah.

"Ya otomatis seperti itu, kalau bunga turun ya orang bisa lebih untung jika investasi di pasar modal dengan instrumen lain. Shifting ke saham sehingga indeksnya naik," kata Wimboh di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Dia mengatakan, itu juga dilakukan agar pasar modal bergerak dan bisa menyalurkan pembiayaan. Menurut Wimboh, ada investor di pasar modal yang masuk melalui investasi langsung seperti medium term notes (MTN) korporasi.

"Likuiditas memang banyak, tapi kreditnya tidak seperti yang direncanakan. Banyaknya likuiditas, tapi suku bunga turun ya otomatis ada pergeseran," jelas dia.

Dari pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK). Dari data uang beredar Bank Indonesia (BI) per September 2017 tercatat Rp 4.992 triliun, tumbuh 11,1% dibandingkan periode bulan sebelumnya 9,4%.

Bunga deposito atau tabungan berjangka terus menyusut. Hal ini terjadi seiring rendahnya suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) 7 days repo rate yang berada di level 4,25%.

Pertengahan November 2017, bunga deposito sejumlah bank tercatat mengalami penurunan hingga ke level 4-5% untuk tenor yang berbeda. Sebut saja sejumlah bank besar seperti PT Bank Negara Indonesia (BNI) yang memberikan bunga 4,25%, Bank Mandiri 4%, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) 4% dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) 4,25% untuk tenor 1 bulan.

Dari data uang beredar Bank Indonesia (BI) secara rata-rata untuk bunga deposito jangka waktu 1 bulan per September 2017 berada di level 6,09% dari bulan Agustus 2017 6,3%. Kemudian untuk jangka waktu 3 bulan bunga deposito tercatat 6,46% lebih rendah dibanding bulan sebelumnya 6,54%.

Lalu untuk bunga deposito jangka waktu 6 bulan tercatat 6,8% menurun dibandingkan periode bulan sebelumnya 6,86%.

Sedangkan untuk bunga deposito jangka waktu 12 bulan 6,99% dibandingkan periode bulan sebelumnya 7,06%. Terakhir untuk bunga deposito jangka waktu 24 bulan tercatat 6,91% menurun dibandingkan bulan sebelumnya 6,94%. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed