Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 04 Des 2017 14:50 WIB

Canda Sri Mulyani pada Khofifah: Sibuk Urus Bencana dan Politik

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra Foto: Ardan Adhi Chandra
FOKUS BERITA Kartu Sakti GPN
Jakarta - Hari ini Bank Indonesia (BI) meluncurkan gerbang pembayaran nasional (GPN). Acara ini dihadiri oleh Menteri Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Gubernur BI Agus Martowardojo.

Seluruh Menteri itu diminta oleh BI untuk memberikan sambutan dalam acara peluncuran ini, terkait peranan dan fungsi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dalam perekonomian nasional. Namun ada hal menarik sejumlah Menteri malah saling guyon sebelum mereka memberikan sambutan.

Seperti halnya Sri Mulyani yang menyindir Khofifah yang saat ini dinilai sedang sibuk dan punya banyak agenda. "Yang terhormat pak Gubernur BI, Pak Menko Darmin, Bu Rini, Pak Rudiantara, dan bu Khofifah yang saat ini sedang sibuk bencana alam dan juga ada agenda politik," ujar Sri Mulyani, yang kemudian direspon gelak tawa dari hadirin.



Sri Mulyani dalam sambutannya menyampaikan akan menggunakan data GPN untuk informasi perpajakan. Hal ini bertujuan agar Kementerian Keuangan mengetahui data mana saja yang transaksinya bisa digunakan sebagai objek pajak, subjek pajak atau tidak kena pajak.

Setelah itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mendapat giliran untuk menyampaikan sambutan. "Yang saya hormati, Gubernur BI Darmin Nasution, Pak Agus penerusnya, Bu Rini, Bu Khofifah dan seluruh hadirin. Saya di sini juga sebagai Menko tapi Menteri Komunikasi," ujar dia.

Dalam sambutannya, Rudiantara menyampaikan GPN diharapkan bisa mempercepat proses transaksi pembayaran di Indonesia dengan infrastruktur yang lebih baik.

Kemudian giliran Menko Darmin yang memberikan sambutan. Pada pembukaan Darmin langsung menimpali candaan Rudiantara. "Yang saya hormati Gubernur BI Agus Martowardojo, Pak Menkominfo ini bukan penerus ya. Yang saya hormati Menteri BUMN, Menteri Sosial dan yang saya hormati pak Menko nah Menko juga ini Menko info Rudiantara serta wakil ketua OJK dan Deputi Gubernur Senior (DGS)," ujarnya.

Dalam sambutannya Darmin menyampaikan kontemplasi bagaimana terbentuknya National Payment Gateway (NPG) yang sekarang menjadi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) untuk membantu mempermudah sistem pembayaran di Indonesia. (zlf/zlf)
FOKUS BERITA Kartu Sakti GPN
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com