Follow detikFinance
Kamis 14 Dec 2017, 07:55 WIB

Suku Bunga Acuan AS Naik

Maikel Jefriando - detikFinance
Suku Bunga Acuan AS Naik Foto: Tim Infografis, Mindra Purnomo
Washington - Bank Sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve (The Fed) mengambil keputusan ekspektasi dari investor, dengan menaikkan suku bunga acuan 0,25% menjadi 1,25-1,5%. Kenaikan tersebut adalah yang ketiga tahun ini.

"Saat ini ekonomi AS berkinerja baik. Pertumbuhan yang kita lihat, bukan berdasarkan, misalnya, penumpukan utang yang tidak berkelanjutan. Perekonomian global berjalan dengan baik, kita cukup siap dalam ekspansi," kata Gubernur The Fed, Janet Yellen, seperti dilansir Reuters, Kamis (14/12/2017).

Keputusan The Fed, juga sejalan dengan rencana kebijakan pajak yang akan dijalankan oleh Presiden Donald Trump. Di mana bisa mendorong perekonomian AS, dari 3% menjadi 4% dalam jangka pendek, bukan jangka panjang.

Artinya memang tidak ada perubahan proyeksi ekonomi yang signifikan dalam tahun mendatang, meskipun kebijakan pajak telah dijalankan.

The Fed memproyeksi pertumbuhan ekonomi AS 2,5% pada 2018, naik dari perkiraan 2,1% yang disampaikan September lalu. Sementara di 2019, pertumbuhan mencapai 2,1%, lebih tinggi dari proyeksi sebelumnya, yaitu 2%.

"Perubahan dalam kebijakan pajak kemungkinan akan memberikan beberapa peningkatan pada aktivitas ekonomi di tahun-tahun mendatang," kata Yellen. Dia menambahkan "besarnya dan waktu dampak makroekonomi dari paket pajak apapun tetap tidak pasti."

Menurut Yellen, kebijakan tersebut juga telah sesuai ekspektasi di pasar keuangan. Sehingga tidak akan menimbulkan gejolak baru. Bursa saham terlihat positif, sementara dolar AS melemah terhadap beberapa mata uang utama. (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed