Follow detikFinance
Kamis, 14 Des 2017 18:51 WIB

Biar Tak Buntung, Lakukan Hal Ini Sebelum Ikut Investasi

Maikel Jefriando - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Masyarakat harus berhati-hati sebelum berinvestasi lewat instrumen apapun, seperti di sektor keuangan. Ada beberapa hal yang bisa mencegah masyarakat agar tidak tertipu, sesuai saran Satgas Waspada Investasi.

Demikianlah disampaikan Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing dalam keterangan tertulis, Kamis (14/12/2017).

Pertama adalah memastikan pihak yang menawarkan investasi tersebut memiliki perizinan dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan.


Kedua, memastikan pihak yang menawarkan produk investasi, memiliki izin dalam menawarkan produk investasi atau tercatat sebagai mitra pemasar.

Selanjutnya yang ketiga, memastikan jika terdapat pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah dalam media penawarannya telah dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.


Setidaknya sekarang ada 21 perusahaan yang harus diwaspadai oleh masyarakat. Informasi mengenai daftar perusahaan yang tidak memiliki izin dari otoritas berwenang dapat diakses melalui situs resmi OJK.

Jika menemukan tawaran investasi yang mencurigakan, masyarakat dapat mengkonsultasikan atau melaporkan kepada Layanan Konsumen OJK 1500655, email konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id. (mkj/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed