Follow detikFinance
Senin, 25 Des 2017 10:50 WIB

Tips Supaya Tagihan Kartu Kredit Enggak Bengkak di Akhir Tahun

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Dalam waktu kurang dari 5 hari, tahun 2017 akan berakhir. Biasanya akhir tahun ini banyak pusat perbelanjaan hingga toko online memberikan diskon atau potongan harga besar-besaran untuk barang dagangan mereka.

Salah satu cara pembayaran yang ditawarkan bisa mendapatkan diskon besar adalah dengan kartu kredit. Menurut General Manager Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) Steve Marta, pembeli jangan 'khilaf' dalam menggunakan kartu kredit, meskipun harga yang diberikan murah.

Steve menjelaskan, agar tidak mendapatkan tagihan yang membengkak tahun depannya, pemilik kartu kredit harus bijak dalam menggunakan kartu utang tersebut.

"Meskipun limit kartu kreditnya besar, jangan jadikan itu sebagai uang tunai. Tetap anggap sebagai kartu kredit yang kita gunakan dan bulan depan ada kewajiban untuk membayarnya," kata Steve saat dihubungi detikFinance, Jumat (22/12/2017).

Steve menjelaskan, pola pikir tersebut harus benar-benar diterapkan oleh pemilik kartu.

Kemudian pemilik kartu juga diimbau untuk tidak sekali-kali meminjamkan kartu kredit kepada teman ataupun saudara. Hal ini untuk meminimalisir penyalahgunaan kartu. Selain itu, pemegang juga diminta tidak memberikan nomor PIN dan nomor CVV kepada orang lain.

"Jangan sekali-kali kasih pinjam kartu ke orang lain, meskipun itu keluarga atau teman dekat, karena kartu kredit itu sifatnya pribadi," ujarnya.

Kepala Divisi Kartu Kredit PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Corina Leyla Karnaelis menjelaskan tips dan trik untuk bertransaksi selama liburan agar tidak menjadi beban pada bulan depan.

Dia mengungkapkan, pemegang kartu harus rajin mencari promo pembelian dengan harga yang lebih rendah. Ini biasanya diberikan oleh bank penerbit kartu kredit ataupun dari merchant.

"Pemegang kartu juga bisa mencari program cicilan 0%, hal ini akan mempermudah untuk mengatur pembayaran," kata Corina.

Untuk transaksi di luar negeri, Corina mengatakan nasabah bisa menggunakan kartu kredit yang menawarkan kurs transaksi yang kompetitif. Kemudian untuk keamanan transaksi, nasabah juga harus menginformasikan ke bank penerbit kartu terkait rencana traveling. "Dalam bertransaksi pastikan limit kartu kredit anda mencukupi," ujarnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed