Follow detikFinance
Rabu, 03 Jan 2018 15:23 WIB

Ada 'Bitcoin Pendatang Baru' di 2018, Namanya Stellar

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Stellar, menjadi salah satu mata uang digital 'terpanas' pada 2018. Mengutip CNBC sejak awal tahun 2018, Stellar melonjak 65% dan masuk ke jajaran 10 besar virtual currency berdasarkan kapitalisasi pasar.

Pada Selasa (2/1) kapitalisasi pasar Stellar tercatat US$ 10 miliar dan menduduki posisi ke 8 mata uang digital versi CoinMarketCap. Transaksi perdagangan Stellar ini naik 17,5% lebih tinggi dibandingkan hari sebelumnya.

Sama seperti bitcoin, Stellar beroperasi menggunakan blockchain di belakang bitcoin. Tidak seperti uang digital lainnya, Stellar memiliki kecepatan transaksi 2 hingga 5 detik.

Berdasarkan situs resmi, Stellar memungkinkan penggunanya bisa dengan cepat menukar mata uang yang dilegalkan pemerintah. Seperti mengubah dolar AS menjadi Euro, koin Stellar secara resmi disebut lumens atau XLM.

Stellar saat ini sudah digunakan oleh IBM untuk mengembangkan sistem pembayaran lintas jaringan dengan beberapa bank besar. Selain itu perusahaan konsultan Deloitte juga merupakan pengguna jaringan Stellar.

Bitcoin masih menjadi mata uang virtual dengan kapitalisasi pasar terbesar yakni US$ 232 miliar. Namun akhir tahun lalu, harga bitcoin melonjak dan kembali merosot ke level US$ 13.000 an. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed