Follow detikFinance
Rabu 03 Jan 2018, 15:50 WIB

Indonesia Punya 'Bitcoin' Lokal Lho!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Indonesia Punya Bitcoin Lokal Lho! Foto: Getty Images
Jakarta - Mata uang virtual kini sedang ramai diperbincangkan. Hal ini karena, pergerakan harga bitcoin yang sangat liar sejak pertengahan hingga akhir tahun lalu.

Bitcoin dibuat oleh pseudonymous Satoshi Nakamoto, hingga saat ini belum jelas asal negara dan siapa pencipta asli virtual currency ini.

Indonesia juga pernah punya 'bitcoin' ciptaan anak bangsa, bernama Indocoin yang diklaim sebagai cryptocurrency pertama di Indonesia. Mengutip berita detikFinance 2014 lalu, Indocoin diciptakan oleh anonim Naitpes.

Indocoin berfungsi sebagai uang virtual untuk bertransaksi di Internet. Mirip seperti pulsa dan PayPal. Bedanya, jika pulsa dan PayPal didapatkan dengan cara membeli, indocoin bisa didapatkan gratis dengan cara menambang menggunakan komputer, sama seperti Bitcoin.

Karena ciptaan anak bangsa, jumlah Indocoin yang bisa ditambang adalah 19,45 miliar, ini sesuai dengan filosofi tahun kemerdekaan Indonesia pada 1945. Lalu terdapat gambar Garuda yang melambangkan Pancasila.

Awal peluncuran nilai Indocoin dihargai 0,00000002 Bitcoin (kurs bitcoin 2014). Jika harga bitcoin saat itu Rp 7,9 juta maka nilai Indocoin sebesar Rp 0,158 per bit. Harganya memang rendah, karena saat itu masyarakat belum banyak yang mengetahui keberadaan Indocoin ini.

Dari penelusuran detikFinance hari ini, Rabu (3/1) pada marketplace yang menjual Indocoin pada peluncuran 2014 lalu CoinNext & AllCrypt sudah tidak aktif dan tidak ada jejak digital soal uang virtual lokal ini. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed