Follow detikFinance
Sabtu, 06 Jan 2018 12:25 WIB

Deretan Bank Tertua di Dunia, Ada yang Usianya 500 Tahun

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Dok. Berenberg de. Foto: Dok. Berenberg de.
Jakarta - Perbankan menjadi salah satu lembaga keuangan yang sangat penting di sebuah negara. Kehadiran bank memberi kemudahan bagi masyarakat melakukan penyimpanan dana, penarikan kredit, hingga transaksi keuangan lainnya.

Mau tahu bank-bank apa saja yang tertua di dunia? Dirangkum dari berbagai sumber, ada 6 bank tertua di dunia yang tersebar mulai dari Italia, Jerman, Hingga Jepang. Berikut cerita singkat 6 bank tersebut:

Banca Monte Dei Paschi Di Siena

Bank di Italia yang didirikan pada 27 Februari 1472 oleh pemerintah. Dikutip dari berbagai sumber, seperti telegraph.co.uk, situs resmi, hingga wikipedia pendirian bank ini bertujuan untuk membantu masyarakat kelas bawah yang ingin mendapatkan akses kredit dengan bunga yang rendah.

Pada 1995 bank ini dikenal dengan nama Monte dei Paschi di Siena. Kini bank ini memiliki 2000 kantor cabang, 26.000 karyawan dan 5,1 juta nasabah. Seperti bank pada umumnya, bank ini memiliki produk kredit konsumer, investment banking, asset management, kredit korporasi.

Akhir tahun lalu, saham bank berusia 546 tahun ini dikuasai oleh Kementerian ekonomi dan keuangan Italia sebanyak 68,24%, Generali Group 4,2% dan publik 3,1%.

Berenberg Bank

Didirikan pada 1590 di Hamburg, Jerman. Bank ini didirikan oleh dua bersaudara Hans dan Paul. Bank berusia 428 tahun ini adalah salah satu bank tertua di Jerman.

Bank ini aktif pada transaksi investment banking, capital market transaction, private banking dan aset management dan corporate banking. Berenberg bank memiliki lebih dari 1.500 karyawan di Hamburg. Dia juga memiliki kantor cabang representatif di London, Zurich, Franfurt, New York City dan 11 kantor di Eropa hingga Asia.

Sveriges Riksbank

Bank ini didirikan pada 1668, di Stockholm, Swedia. Biasanya bank ini dikenal sebagai Bank Sentral Swedia. Pada 1968 atau peringatan ulang tahun ke 300, bank ini menganugerahkan penghargaan sekelas nobel.

Bank ini menciptakan kebijakan kontroversial, mereka menjadi bank sentral pertama yang memiliki bunga acuan negatif. Pada 28 Oktober 2014 Deputi Gubernur bank memangkas bunga acuan deposit rate menjadi -0,75%.

Sumitomo Mitsui

Didirikan pada 1683 di Jepang oleh Mitsui Takatoshi. Awalnya bank ini hanya memiliki izin sebagai money changer. Kemudian, Mitsui mengubah model bisnis menjadi bank dan memberikan kredit untuk warga kota. Mitsui menjadi private bank pada 1876.

Halifax Bank of Scotland

Didirikan pada 1695 oleh pemerintah Skotlandia untuk mendukung bisnis dan menyalurkan kredit kepada pemerintah tanpa harus mengajukan ke parlemen. Pendirian bank ini menciptakan monopoli perbankan di Skotlandia selama 21 tahun. Modal awal yang dikucurkan untuk membuat bank ini adalah 1,2 miliar euro Skotlandia.

Barclays Bank

Didirikan pada 1690 oleh John Freame dan Thomas Gould di London. Saat ini memiliki 4.750 cabang di 50 negara. Per 2010 total aset bank ini mencapai US$ 2,33 triliun, adalah bank terbesar ke empat di dunia setelah BNP Paribas, Deutsche Bank dan HSBC. Barclays fokus ke corporate banking dan investment bank, ritel dan bisnis. Kredit ritel konsumer dan business banking. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed