Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 12 Jan 2018 18:16 WIB

Tahun 2018, Bunga Simpanan Diprediksi Stabil

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Suku bunga simpanan diprediksi stabil dan tidak akan mengalami penurunan yang signifikan hingga akhir 2018. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengungkapkan hal tersebut seiring dengan prediksi suku bunga acuan bank sentral.

Kepala Eksekutif LPS Fauzi Ichsan menjelaskan pergerakan suku bunga simpanan sangat tergantung dengan BI 7days repo rate dan loan to deposit ratio (LDR).

"Dari tim riset kami melihat prediksi suku bunga acuan bank sentral BI 7 days repo rate tetap di 4,25% atau stabil hingga akhir tahun," kata Fauzi dalam konferensi pers di Kantor LPS, Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Dia memproyeksikan rasio LDR perbankan nasional hingga akhir tahun 2018 akan berada di posisi 90,9%. Akhir tahun lalu 89,4%.

"Jika melihat dari dua indikator tersebut maka suku bunga simpanan tidak akan turun tajam," ujar Fauzi.

Fauzi menjelaskan, dengan stabilnya suku bunga ini maka ada dampak kepada margin atau keuntungan perbankan. Jika diprediksi net interest margin (NIM) atau pendapatan bunga bersih di Indonesia masih relatif tinggi meskipun sempat turun.

"NIM di Indonesiayang tertinggi di perbankan Asia jadi inilah kenapa perbankan di Indonesia masih menarik bagi investor global," ujarnya.

Dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), suku bunga perbankan sudah masuk tren menurun. Data hingga November 2017 menunjukkan fakta bahwa suku bunga deposito 1 bulan rata-rata 5,72% turun 64 bps dibanding tahun lalu dan suku bunga kredit rata-rata 11,45% turun 72 bps dibanding tahun lalu.

Sebelumnya, pada awal tahun PT Bank Mandiri Tbk (Bank Mandiri) kembali menurunkan suku bunga simpanan berjangka atau deposito dan tabungan dalam denominasi Rupiah. Kali ini Bank Mandiri menurunkan bunga sebanyak 25 basis poin (bps) untuk simpanan di atas Rp 2 miliar.

Dalam keterangan resmi yang diterima detikFinance, Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas menjelaskan untuk simpanan di atas Rp 2 miliar hingga kurang dari Rp 5 miliar bunga simpanan untuk jangka waktu 1 bulan 4,25% dari sebelumnya 4,5%. Sementara itu untuk jangka waktu 3 bulan tetap 5,75%, 6 bulan 5%, 12 dan 24 bulan 5%. Kebijakan bunga ini juga berlaku untuk simpanan di atas Rp 5 miliar. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed