Follow detikFinance
Rabu 24 Jan 2018, 09:09 WIB

Rumah Rusak karena Gempa Ditanggung Asuransi?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rumah Rusak karena Gempa Ditanggung Asuransi? Foto: Bangunan di Pandeglang yang rusak akibat gempa. (Dok Polres Pandeglang)
Jakarta - Bencana seperti gempa bumi bisa datang kapan saja. Kemarin, gempa bumi berkekuatan 6,1 skala richter mengguncang Lebak, Banten dan menyebabkan ratusan rumah rusak.

Jika rumah-rumah tersebut telah memiliki asuransi, apakah akan ditanggung oleh pihak asuransi?


Ketua umum Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dadang Sukresna menjelaskan setiap rumah atau kendaraan termasuk mobil dan motor yang membeli asuransi kebakaran atau asuransi kendaraan yang diperluas dengan perlindungan gempa, maka pihak asuransi akan memberikan uang pertanggungan.

"Jika polisnya diperluas, tentu asuransinya akan menanggung," kata Dadang saat dihubungi detikFinance, Rabu (24/1/2018).


Dia menjelaskan, di dalam polis standar asuransi kebakaran Indonesia, gempa bumi memang dikecualikan dari polis. Sehingga, jika pemilik rumah yang mengasuransikan tempat tinggalnya harus membeli perluasan.

"Seluruh kerusakan akibat gempa akan mendapatkan penggantian dari pihak asuransi. Tapi harus ada perluasan dulu," kata dia.

Dia menjelaskan, besar penggantian tergantung berapa nilai pertanggungan yang tertera di polis asuransi kebakaran untuk rumahnya atau asuransi untuk kendaraan.

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed