Viral Video Ibu-ibu Temukan Beda Harga, Indomaret Perketat Pengawasan

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 24 Jan 2018 15:25 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Beredar video seorang ibu-ibu yang tengah marah-marah di sebuah toko Indomaret. Pembeli itu merasa dirugikan lantaran harga produk yang dibeli berbeda antara di rak dan struk pembayaran.

PT Indomarco Prismatama pemilik jaringan ritel Indomaret pun akan memperketat monitoring di setiap toko jaringan Indomaret.

"Pasti kita kontrolnya lebih ketat. Kemudian SOP-nya kita review lagi, supaya bisa berjalan," kata Direktur Pemasaran PT Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf saat dihubungi detikFinance, Rabu (24/1/2018).

Wiwiek menjelaskan dalam sistem Indomaret perubahan harga produk ditentukan dari pusat. Biasanya pengumuman perubahan harga dilakukan melalui sistem. Namun kelalaian bisa terjadi ditingkat pegawai toko.

"Di toko itu setiap ada perubahan harga dia mencetak label untuk di rak. Mereka akan mengubahnya. Namanya orang kan bisa saja, mungkin taruhnya bisa salah, atau mungkin ada satu barang terselip belum dia ganti," imbuhnya.

Untuk perubahan harga, dilakukan jika dilakukan promosi yang biasanya dilakukan setiap 1 minggu sekali. Selain itu perubahan harga juga dilakukan jika sang principal atau supplier mengubah harga jual.


Pusat juga selalu melakukan pengecekan melalui supervisor yang datang ke setiap toko setiap minggunya. Kepala toko juga salah satu tugas memastikan harga di rak sudah sesuai dengan perubahan yang baru.

"Pengecekannya akan lebih sering, ya bisa saja seperti itu, kita tekankan lagi untuk melakukan pengecekan lagi," ujar Wiwiek.

Seperti diketahui, sebuah video berdurasi 7 menit 38 detik diunggah di sebuah akun Facebook Kejadian Hari Ini. Video tersebut menampilkan 2 kejadian yang serupa yang mana konsumen mengajukan komplain langsung ke pegawai toko Indomaret lantaran perbedaan harga antara di rak dan struk pembayaran.

(ang/ang)