Follow detikFinance
Jumat, 09 Feb 2018 16:15 WIB

Ini 4 Nama Calon Gubernur BI yang Sudah Dikantongi Jokowi

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Masa jabatan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo habis pada Mei 2018 mendatang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sudah membahas lebih lanjut mengenai empat nama calon Gubernur BI.

Ketua Tim Ahli Wakil Presiden, Sofjan Wanandi mengatakan, sudah ada empat nama yang menjadi kandidat Gubernur BI mendatang.


Keempat nama tersebut, antara lain Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo, Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri, dan bahkan Agus Martowardojo berpeluang meneruskan jabatannya lagi.

"Sudah dikasih tahu kelebihan satu sama lain tapi belum diputuskan," kata Sofjan di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Jumat (9/2/2018).


Sofjan menambahkan, Gubernur BI yang baru harus mampu membaca ketidakpastian ekonomi global seperti ekonomi Amerika Serikat (AS), termasuk risiko kenaikan suku bunga acuan The Fed. Selain itu, Gubernur BI juga harus independen dan tidak terlibat ke dalam politik.

"BI terpisah dengan pemerintah karena itu harus dijaga. Pemerintah juga mencari Gubernur BI yang bisa bekerja sama dengan Menteri Keuangan," kata Sofjan. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed