Follow detikFinance
Senin, 12 Feb 2018 16:00 WIB

Pajak Baru Bisa Intip Data Kartu Kredit April 2019

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) akan melakukan pemeriksaan kepatuhan pajak para pemegang kartu kredit. Nantinya, pemerintah akan meminta perbankan untuk memberikan data transaksi kartu kredit nasabah masing-masing.

Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan mengungkapkan, saat ini Ditjen Pajak masih melakukan pembicaraan dengan pihak terkait 'mengintip' data kartu kredit ini.

"Itu masih masih bicara secara teknis dengan Perbanas dan Himbara, kan masih lama April 2019," kata Robert di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (12/2/2018).

Nantinya, DJP akan menggunakan mekanisme threshold, hanya memantau nasabah dengan transaksi Rp 1 miliar ke atas.

Kebijakan pemantauan ini tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 228/PMK.03/2017 tentang Rincian dan Informasi serta Tata Cara Penyampaian Data dan Informasi yang Berkaitan dengan Perpajakan.

Dalam PMK ini diatur tentang siapa saja yang punya kewajiban menyampaikan data terkait transaksi kartu kredit. Berdasarkan Ayat 1 Pasal 1 PMK disebutkan mulai dari instansi pemerintah, lembaga, asosiasi, dan pihak lain wajib memberikan data dan informasi yang berkaitan dengan perpajakan kepada Ditjen Pajak.

Informasi terkait data yang wajib disampaikan meliputi penghasilan dan kekayaan atau harta orang pribadi atau badan, termasuk kegiatan usaha atau pekerjaan bebas orang pribadi atau badan seperti tertuang dalam ayat 2 pasal 1 PMK 228/PMK.03/2017.

Data dan informasi sebagaimana dimaksud pada ayat 1 adalah kumpulan angka, huruf, kata, dan/atau citra yang bentuknya dapat berupa surat, dokumen, buku, atau catatan, serta keterangan tertulis yang dapat memberi petunjuk mengenai penghasilan dan kekayaan atau harta orang pribadi atau badan, termasuk kegiatan usaha atau pekerjaan bebas orang pribadi atau badan. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed