Follow detikFinance
Jumat, 23 Feb 2018 19:45 WIB

Jokowi Sudah Kirim Nama Calon Gubernur BI ke DPR

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengirimkan nama calon Gubernur Bank Indonesia (BI) ke DPR RI. Nama tersebut diserahkan untuk dilakukan uji kelayakan alias fit and proper test di kemudian hari.

"Sudah tadi sekitar pukul 14,00 WIB. Nama calon Gubernur BI diserahkan Presiden ke DPR untuk dilakukan fit and proper test," ujar Juru bicara Presiden Johan Budi SP saat dikonfirmasi detikFinance, Jumat (23/2/2018).

Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun menyatakan, Surat Presiden soal calon Gubernur BI sudah dikirimkan oleh Sekretariat Negara (Setneg), dan sudah sampai DPR. Mengenai siapa nama calon Gubernur BI yang diusulkan oleh Jokowi yang tahu hanya Ketua DPR.

"Surat bersifat rahasia sehingga yang tahu hanya Ketua DPR," kata Misbakhun dalam keterangannya.

Ia menegaskan bahwa dirinya tidak bisa memberikan informasi soal isi surat tersebut.

"Saya tidak bisa memberikan konfirmasi soal nama dan soal calon tunggal atau bukan," ujarnya.

Menurut Misbakhun, surat yang masuk dibacakan di Rapat Paripurna DPR, lalu dibahas di Badan Musyawarah (Bamus) untuk ditugaskan ke Komisi XI guna melakukan uji kelayakan.

Seperti diketahui, masa jabatan Agus Martowardojo sebagai Gubernur BI akan berakhir pada Mei 2018. Saat ini, Jokowi telah mengantongi empat nama kandidat Gubernur BI masa bakti 2018-2023, yakni Agus Martowardojo, Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, dan mantan Menteri Keuangan Chatib Basri. (ara/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed