Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 08 Mar 2018 08:22 WIB

Investasi Bodong Masih Merajalela, Ini Daftarnya

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Halaman 1 dari 5
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali merilis daftar investigasi bodong yang beredar di masyarakat. Setelah pada periode Januari hingga September 2017 lalu OJK menghentikan kegiatan usaha 48 entitas, kali ini OJK kembali merilis daftar baru entitas yang harus menghentikan operasionalnya karena dianggap tidak memiliki izin usaha penawaran produk dan penawaran investasi sehingga berpotensi merugikan masyarakat karena imbal hasil atau keuntungan yang dijanjikan tak masuk akal.

Setidaknya ada 57 entitas yang telah dipantau dan diperiksa langsung oleh Satgas Waspada Investasi dan dinyatakan harus menghentikan kegiatannya. Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing mengatakan pihaknya mengeluarkan daftar ini agar masyarakat bisa berhati-hati terhadap penawaran produk atau kegiatan usaha tersebut.

"Satgas telah melakukan analisis terhadap kegiatan usaha entitas tersebut dan berdasarkan aturan hukum yang berlaku menyatakan bahwa entitas tersebut harus menghentikan kegiatannya," kata Tongam.

Tindakan ini pun menambah daftar panjang bidang usaha yang harus dihentikan karena tak berizin dan kegiatan penawaran investasi yang dilakukan berpotensi merugikan masyarakat karena keuntungan yang dijanjikan cenderung tak masuk akal.

Masyarakat pun diminta untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan dananya. Jangan sampai tergiur dengan iming-iming keuntungan yang tinggi tanpa melihat risiko yang akan diterima.

Simak daftar lengkapnya:

(eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed